Varises di Wajah

By nova.id, Kamis, 19 April 2012 | 23:54 WIB
Varises di Wajah (nova.id)

Varises di Wajah (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto/Nova "

Anda mungkin kaget mendengar kata ini, varises kok di wajah? Tapi memang ada, selain di kaki, varises juga bisa terjadi di daerah wajah yaitu sekitar pipi atau sering disebut dengan spider vein. Selain itu, varises juga bisa muncul di daerah hidung dan dagu.

Varises adalah pelebaran pembuluh darah vena yang berwarna biru keunguan. Terlihat seperti tali yang terpelintir dan menonjol ke permukaan kulit. Pada wajah, biasanya disebut telangiectasis atau spider vein yaitu garis halus berwarna biru di kedalaman kulit yang kerap terlihat pada kulit wajah.

Varises yang terdapat di wajah adalah pelebaran pembuluh darah kapiler berbentuk garis atau kaki laba-laba yang terletak dekat permukaan kulit dengan ukuran kurang lebih 0,5 - 1 mm.

Pembuluh darah kapiler wajah sangat rentan untuk mengalami kerusakan sehingga perlu berhati-hati dalam melakukan perawatan wajah. Pelebaran ini dipicu faktor internal (keturunan dan hormonal) dan eksternal (paparan sinar matahari, penuaan, kegemukan atau obesitas, konsumsi pil kontrasepsi, dan pemakaian yang salah dari pengelupasan kulit). Penyebab spider vein lainnya adalah penggunaan obat-obatan yang menipiskan kulit.

Varises tidak cukup diatasi dengan penggunaan krim saja, tetapi harus dibantu dengan treatment yang khusus menghilangkan masalah spider vein ini, treatment tersebut antara lain:

oSkleroterapi

Treatment ini dilakukan dengan cara suntik menggunakan cairan steril (sklerosan, sodium tetradecyl sulfate) ke pembuluh darah yang melebar. Suntikan ini membuat dinding pembuluh darah hancur, dan kemudian menjadi jaringan scar yang dalam beberapa minggu pembuluh darah itu diabsorbsi oleh tubuh dan menghilang.

oLaser dan IPL

Laser dan IPL menggunakan sinar panas untuk memengaruhi dinding pembuluh darahnya. Terapi ini sangat efektif untuk pelebaran pembuluh darah kapiler.

oPpx

Merupakan alat yang menggunakan teknologi gabungan antara broadband light source dengan panjang gelombang 400-1200 nm dan pneumatic energy. "Pengerjaannya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit."