Pria Ini Jadi Transgender Pertama di Angkatan Darat Inggris

By nova.id, Senin, 19 Januari 2015 | 06:39 WIB
Pria Ini Jadi Transgender Pertama di Angkatan Darat Inggris (nova.id)

Tabloidnova.com - "Selama ini saya hidup dalam kebohongan," ujar seorang tentara Angkatan Darat Inggris berusia 27 tahun, Hannah Winterbourne, yang memutuskan menjadi transgender, usai menjalani tugasnya di Afghanistan.

Pasca menunaikan tugas sebagai tentara di medan pertempuran Afghanistan, Hannah mengaku langsung membulatkan tekad mengubah penampilannya dan jadi seorang transgender, kendati masih bekerja di  satuan Angkatan Darat Inggris.

Dan sebagai tentara berpangkat kapten yang bekerja di divisi Royal Electrics & Mechanical Engineers ini, Hannah merupakan tentara transgender satu-satunya di Angkatan Darat Inggris, yang berada dalam jajaran perwira.

Hannah yang terlahir sebagai pria itu sebelumnya telah menghabiskan beberapa tahun pertamanya di Angkatan Darat sebagai tentara pria, hingga kemudian memutuskan menjalani operasi ganti kelamin seusai bertugas di di Camp Bastion.

Hannah mengatakan, berbagi tenda di padang gurun dan hidup bersama sekitar tujuh tentara pria lainnya di medan pertempuran telah membuatnya menyadari, betapa sedikit waktu yang ia habiskan untuk menjadi dirinya sendiri.

"Di Afghanistan saya harus bertindak untuk semua orang yang ada di sekitar saya," katanya. "Tak ada kesempatan di mana saya bisa menghentikan tindakan sesuai dengan apa yang saya inginkan. Sementara dalam hati kecil, saya ingin menikmati waktu untuk bisa jujur dengan diri sendiri."

Di Afghanistan, lanjutnya, "Saya tak bisa melakukan itu semua. Namun pada akhirnya dorongan (untuk mengubah jenis kelamin) itu tak bisa ditahan lagi. Ini adalah keputusan yang telah mengubah pribadi dan jalan hidup saya."

Pria Ini Jadi Transgender Pertama di Angkatan Darat Inggris (nova.id)
Pria Ini Jadi Transgender Pertama di Angkatan Darat Inggris (nova.id)
Pria Ini Jadi Transgender Pertama di Angkatan Darat Inggris (nova.id)

"Kini Kapten Hannah Winterbourne sudah lebih percaya diri menjalani hari-harinya sebagai perempuan dan tetap berkarier di Angkatan Darat Inggris. (FOTO: DAILYMAIL.CO.UK) "

Tentara yang memilih untuk tak lagi mengungkapkan nama aslinya karena menganggapnya sebagai 'label' dari masa lalunya, mengaku telah menghadapi pertempuran dengan dirinya sendiri sejak usia dini, perihal gendernya.

Kepada The Sun Hannah mengatakan, "Saya ingat, pada awalnya ada perasaan yang tidak saya harapkan. Tapi sebagai seseorang yang masih sangat muda, saya tak bisa begitu saja menunjukkan fakta bahwa saya adalah sebenarnya perempuan."