"Kenapa Anakku Jadi Buta?" (2)

By nova.id, Selasa, 16 Juni 2009 | 02:38 WIB
Kenapa Anakku Jadi Buta 2 (nova.id)

Kenapa Anakku Jadi Buta 2 (nova.id)
Kenapa Anakku Jadi Buta 2 (nova.id)

"Julia merasa disepelekan pihak RS OMNI (Foto: Rini Sulistyati/NOVA) "

Jujur, aku mengangkat musibah ini ke media massa dan mengadukan RS Omni ke Polda Metro Jaya, bukan karena dendam. Harapanku, masyarakat bisa bercermin dari musibah yang menimpaku ini. Jangan asal terpaku pada brand internasional. Teliti dulu kualitasnya dan pelayanannya, internasional atau tidak. Para ibu yang akan melahirkan bayinya hendaknya berhati-hati dan jangan asal menerima apa kata dokter."Minta Maaf? Terlambat!"Belakangan, Kiki dan Yuli didampingi pengacara OC Kaligis mengadukan RS Omni dan dr. F ke Polda Metro Jaya. Kiki melaporkan adanya tindak pidana karena kelalaian yang menyebabkan orang cacat. "Sebelum ini, kami sudah mengupayakan penyelesaian secara kekeluargaan. Kami hanya menuntut RS dan dokter minta maaf serta mengakui kesalahannya. Tapi tak digubris."

Pernah, katanya, ia diundang Ketua Komite Medik. "Tapi dia hanya membacakan sanggahan dr. F yang mengaku tidak bersalah. Terus terang, kami kecewa dengan pelayanan mereka. Setelah saya minta bantuan hukum Pak Kaligis, mereka baru datang ke rumah saya. Terlambat! Sekarang saya tidak mau menerima permintaan maaf tertulisnya lagi," tegas Juli.

Sementara OC Kaligis menilai, kecuali anak Juli jadi cacat, "Dia juga dirugikan secara materi dan nonmateri. Harus membawa anaknya berobat ke Australia dan menunggu bertahun-tahun anaknya buta hingga dewasa kelak. Kecuali bila terjadi mujizat. Semua bukti kelalaian itu ada, cuma belum bisa dibeberkan karena akan digunakan untuk pembelaan nanti," kata pengacara yang juga akan menuntut secara perdata meski masih membuka peluang untuk mediasi.

Pengacara Risma Situmorang yang sebelumnya menjadi pengacara RS Omni dalam kasus Prita Mulyasari, tidak bersedia memberi tanggapan soal pengaduan Kiki ke Polda Metro Jaya. "Saya belum ditunjuk untuk kasus itu," tegasnya. Risma lalu menunjuk Hadi dari bagian Legal RS Omni. Sayangnya ketika NOVA menghubungi Hadi via hand phone-nya, tidak diangkat. Bahkan di-SMS pun tidak dijawab.RINI SULISTYATI