Mari Menata Hati, 10 Pesan untuk Pasangan Bercerai Agar Tetap Bahagia

By Noverita, Selasa, 12 Juli 2016 | 08:53 WIB
Bahagia usai bercerai, bisakah? (Noverita)

Tak ada orang yang menginginkan sebuah perceraian. Setiap orang berharap pernikahan mereka akan abadi sampai maut memisahkan.

Namun, jika yang terjadi sebaliknya, yakni ketika perceraian tak bisa dihindari, apa saja yang bisa Anda lakukan? Bisakah kita bercerai namun tetap bahagia?

Berikut tips cara bahagia usai bercerai agar Anda bisa lekas move on, menata diri dan hati lagi.

1. Pernikahan memang memberikan rasa aman, tapi perceraian memberi Anda kesempatan untuk hidup. Harapan menjadi bahagia dalam suasana berbeda.

2. Menjadi orangtua tunggal akan lebih baik daripada memiliki hubungan yang tidak sehat saat menikah. Anak-anak akan melihat pernikahan orangtuanya yang tidak bahagia.

BACA: Pelajaran Berharga dari Perceraian Gwyneth Paltrow dan Chris Martin

3. Perceraian adalah menyakitkan tapi setelah itu masalah akan selesai dan melegakan. Anda bisa menata dan mungkin bisa bertemu dengan orang yang lebih tepat dan cocok.

4. Setelah bercerai, Anda menemukan diri Anda kembali dan menyayangi anak-anak. Semua cinta dan energi dapat mengalir ke buah hati sehingga menemukan kedamaian sejati dan kebahagiaan setelah sebelumnya mengalami pernikahan buruk.

5. Perceraian bukanlah hal terburuk yang dialami anak-anak. Siapa tahu, ternyata sebaliknya anak-anak malah bahagia karena tidak ada lagi pertengkaran di rumah.

6. Belajarlah menikmati hidup sendirian karena Anda bisa lebih bebas daripada hidup dengan orang yang salah dalam pernikahan.

7. Perceraian adalah pilihan terbaik untuk Anda dan pasangan, sehingga sama-sama mencapai kehidupan yang diinginkan. Bahkan bisa jadi lebih layak dari sebelumnya.

BACA: Mengapa Orang Mempertahankan Pernikahan Meski Tidak Bahagia?