3 Alternatif Cara dan Posisi Menyusui Bayi Kembar Bersamaan

By Noverita, Rabu, 13 Juli 2016 | 04:36 WIB
Bayi Kembar ini Didiagnosis Menderita Kanker Sejak Lahir (Noverita)

Memiliki satu anak mungkin tak begitu merepotkan Anda. Tapi, bagaimana jika Anda memiliki anak kembar? Bisa jadi Anda bakal kewalahan mengurusnya.

Apalagi, jika kerepotan tersebut tanpa disadari diperkuat reaksi dari teman-teman dan keluarga. Meski reaksi dari lingkungan bertujuan baik, ada pula ibu yang merasa tak menerima dukungan yang mereka butuhkan.

Padahal, sebenarnya yang dibutuhkan seorang ibu adalah lebih banyak waktu, anggaran, dan dukungan emosional.

Memiliki anak kembar, kebutuhannya memang akan dua kali lipat. Anda akan membutuhkan lebih banyak dukungan bukan hanya dari pasangan, tapi juga lingkungan di sekitar Anda. Kala Anda repot, pastikan memiliki keluarga atau teman yang bisa segera dipanggil jika membutuhkan mereka.

Selain itu, meski terdengar kurang baik, Anda harus membiarkan orang tahu apa yang Anda inginkan. Jika Anda sedang sibuk katakan dengan sopan kalau Anda sedang tak ingin dikunjungi. Lakukan segala sesuatu dengan santai dan berdamai dengan diri sendiri.

Jangan terlalu mematok Anda harus menyelesaikan segala sesuatu dalam sehari. Jika Anda hanya berkonsentrasi pada bayi selama setidaknya tiga bulan pertama, Anda akan jauh lebih stres dalam menangani segala sesuatu.

BACA: 5 Faktor Ini Menambah Potensi Anda Dapatkan Bayi Kembar

Hal lain yang kadang menjadi pemikiran adalah bagaimana cara menyusui anak kembar? Tentu saja bisa, Anda harus menyakini dengan menemukan metode yang tepat dan butuh kesabaran.

Caranya, dengan mencari posisi yang nyaman. Anda bisa menggunakan bantal menyusui kembar yang memudahkan Anda saat memberikan ASI.

Bagi ibu yang memiliki anak kembar, ada beberapa posisi yang bisa dipakai untuk menyusui bayi kembar secara bersamaan. Yang terpenting memilih posisi yang terasa nyaman untuk Anda dan bayi. Berikut tiga cara dan posisi menyusui bayi kembar:

1. Double Clutch (Football)

Letakkan bantal di setiap sisi tubuh dan pangkuan Anda. Tempatkan bayi di atas bantal di samping tubuh atau hampir di bawah lengan. Kaki bayi mengarah ke belakang.