Menanti Siulan Seruling Samudera di Surga Bahari Pacitan

By nova.id, Kamis, 14 Juli 2016 | 09:29 WIB
Surga bahari di Pacitan (nova.id)

Jika Anda pencinta wisata bahari khususnya pantai, tak salah bila berkunjung ke kota Pacitan, Jawa Timur. Ya, Kota Seribu Goa ini memiliki pantai alami yang indah dan menawarkan panorama alam yang luar biasa. Selain bersih, pasir putihnya pun menjadi daya tarik tersendiri.

Jarak yang cukup jauh dari pusat kota rasanya sepadan dengan keindahan yang bakal tersaji. Salah satunya Pantai Klayar yang sempat dipromosikan oleh mantan presiden SBY.

Penasaran dengan keindahan kota Pacitan? Mari menengok 3 Pantai di Pacitan yang indah dan terlalu sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Klayar, Miliki Sphinx dan Seruling Samudera

Pamor pantai ini memang sudah cukup dikenal. Berawal dari promosi yang digadang-gadang oleh mantan presiden RI SBY yang juga berasal dari Pacitan, Pantai Klayar yang diberada di Kecamatan Donorejo ini pun terus menarik perhatian banyak wisatawan.

Berlokasi di kecamatan Donorojo yang berjarak 40km dari pusat kota ini tetap menjadi pantai pilihan pertama saat berkunjung ke kota Pacitan. Dengan perjalanan yang cukup jauh dan jalur yang menantang namun semuanya pun terbayar saat tiba dan melihat keindahan pantai ini.

Tak hanya memiliki pemandangan yang indah, pantai ini pun dikenal memiliki keunikan. Deretan batu karang yang besar berjejer bahkan ada yang menyerupai bentuk Sphinx seperti yang ada di Mesir. Selain itu, di tengah batu karang ternyata ada celah diantara karang besar tersebut yang dikenal dengan Seruling Samudera.

Ya, berkat celah tersebut dorongan air yang masuk pun akan menyembur ke atas seperti air mancur raksasa. Tak tanggung tanggung, air mancur ini pun bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter dan kehadirannya yang disertai dengan suara mirip siulan ini menjadi bagian yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan.

Asyiknya, untuk dapat merasakan pengalaman melihat Sphinx dan Seruling Samudera yang terletak terpisah di ujung timur Pantai Klayar maka dapat menggunakan ATV yang siap disewakan untuk mengantar para wisatawan. Dengan membayar Rp 25 ribu saja maka wisatawan bisa bermain-main terlebih dahulu mengendarai ATV diatas pasir putih dan pantai yang indah.

Fasilitas bermain ATV juga menjadi daya tarik tersendiri karena lebih dari 100 unit ATV yang ada di Pantai Klayar siap memanjakan wisawatan yang ingin bermain-main dengan motor besar ini.

Sayangnya, pantai ini memang tidak memperbolehkan wisatawan untuk berenang karena memiliki karang-karang dan ombak yang besar. Jadi jangan kaget apabila larangan untuk berenang di kawasan pantai ini cukup ketat.

Soal fasilitas publik, wisatawan tak perlu khawatir, mulai dari deretan tempat makan yang tersusun rapi dan bersih siap melayani. Mushola dan toilet yang tersedia juga terawat dengan baik sehingga membuat wisatawan tak memiliki alasan untuk segera meninggalkan pantai yang indah ini.