Ternyata Foto Instagram Gaya Begini Merupakan Tanda Depresi, Loh!

By Dionysia Mayang, Selasa, 15 Agustus 2017 | 02:32 WIB
Ternyata Foto Instagram Gaya Begini Merupakan Tanda Depresi, Loh! (Dionysia Mayang)

NOVA.id - Untuk mengetahui seseorang depresi atau tidak bukanlah hal yang mudah. 

Namun ternyata, foto instagram bisa mengungkap indikasi gangguan jiwa yang mempengaruhi lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia tersebut.

Menurut sebuah studi baru, peneliti mengembangkan algoritma yang mengidentifikasi 70% penderita depresi dengan menganalisis foto mereka.

Studi kecil yang diterbitkan dalam jurnal EPJ Data Science tersebut melibatkan 166 pengguna Instagram yang mengunggah hampir 44.000 foto di platform media sosial populer itu.

(Baca juga : Risih dengan Kulit Kering dan Mengelupas? Ini Rahasia Kulit Halus Kembali)

Sepasang peneliti mengembangkan sebuah program komputer yang menganalisis beberapa aspek foto, termasuk skema warna dan interaksi foto seperti “suka” dan “komentar”.

“Foto yang diunggah oleh orang-orang yang depresi cenderung lebih gelap warnanya dan mendapat lebih banyak komentar dari masyarakat." 

"Mereka juga cenderung lebih menampakkan wajah yang menggunakan filter,” ujar Dr. Christopher Danforth, rekan penulis studi dan rekan direktur dari University of Vermont’s Computational Story Lab, dalam sebuah pernyataan.

(Baca juga : Fantastis! Harga Kacamata Selebritis Ini Bisa Buat Beli Satu Sepeda Motor Loh)

Individu yang menderita depresi cenderung menggunakan filter foto. Mereka cenderung memilih filter Inkwell, yang mengubah foto menjadi hitam putih.

Selain itu, analisis komputer  menunjukkan bahwa mereka yang mengalami depresi lebih sering mengunggah foto daripada mereka yang tidak mengalami depresi.

Meskipun 71 orang dari seluruh responden memutuskan untuk menerima diagnostik depresi secara klinis, penting untuk dicatat bahwa program komputer peneliti bukanlah alat diagnostik.