Hemoroid Stapler, Atasi Wasir Tanpa Rasa Sakit

By nova.id, Senin, 26 Mei 2014 | 01:35 WIB
Hemoroid Stapler Atasi Wasir Tanpa Rasa Sakit (nova.id)

TabloidNova.com - Jika Anda menderita wasir (hemoroid) berkepanjangan, jangan abaikan begitu saja. Jika dibiarkan, lama-kelamaan pembuluh dasar yang ada di sekitar anus akan makin parah.  Demikian kesimpulan seminar berjudul "Mengatasi Wasir Tanpa Rasa Sakit", yang diselenggarakan Rumah Sakit Bedah Surabaya (RSBS), Sabtu (24/5) lalu.

Dr. Achmad Hendra, HW, SpB dari RSBS, serta Andri dari Covidien menjelaskan, saat ini sudah ada teknik yang tepat dalam melakukan tindakan operasi wasir, yakni teknik hemoroid stapler.

 "Dengan teknik ini selain proses penyembuhannya sangat cepat, paska operasi tidak merasakan sakit seperti jika menggunakan teknik konvensional yakni melalui operasi biasa," kata dr. Hendra.

Untuk meyakinkan peserta seminar yang berjumlah sekitar 40 orang, pada kesempatan tersebut juga dihadirkan tiga pasien penderita wasir untuk memberikan testimoni.  Dua di antara tiga pasien tersebut sembuh menggunakan peralatan hemoroid stapler, sedang satu pasien lainnya sembuh menggunakan operasi teknik konvensional. 

 "Saya beberapa waktu lalu operasi menggunakan hemoroid stapler. Setelah operasi keesokan harinya saya sudah bisa masuk kantor lagi tanpa ada rasa sakit atau rasa tidak nyaman," kata Samuel, seorang PNS dari Surabaya.

Sebaliknya, Teguh, karyawan di perusahaan finance, dalam testimoninya menjelaskan bahwa beberapa saat lalu dirinya melakukan operasi wasir tapi menggunakan teknik operasi biasa. "Memang hasilnya juga sembuh, tapi proses penyembuhannya cukup lama, antara 8 sampai 10 hari. Selain itu yang membuat tidak nyaman, selama rentang waktu tersebut bekas operasi masih terasa sakit," katanya.

Namun Hendra menjelaskan, sebaik-baiknya operasi jauh lebih baik melakukan pencegahan sehingga wasir itu sendiri tidak sampai terjadi.  Wasir bisa terjadi karena beberapa hal, mulai faktor genetika, hingga faktor pola hidup yang kurang baik. Di antarannya akibat mengonsumsi makanan yang kurang serat, kurang air putih, duduk yang terlalu lama, serta kurang gerak atau olahraga. 

"Jika anjuran atau pantangan itu bisa dilakukan, Insya Allah wasir tidak akan datang meski sampai usia lanjut sekalipun," kata Hendra.

Gandhi Wasono