Mengenalkan Arti Uang Pada Anak

By nova.id, Senin, 15 Oktober 2012 | 01:33 WIB
Mengenalkan Arti Uang Pada Anak (nova.id)

Mengenalkan Arti Uang Pada Anak (nova.id)

"Ilustrasi "

Susan Beacham, pendiri The Money-Savvy Generation yang juga penulis The Kid$  Millionaire Clubcreated memformulasi sebuah program yang membantu orang tua dalam mendidik dan mengajarkan keterampilan dasar keuangan pribadi bagi anak-anak dan remaja. Dalam pendidikan mengenai keterampilan dasar uang, anak bukan hanya diperkenalkan cara menjaga celengan atau menabung secara tradisional.

Anak-anak juga diperkenalkan hal-hal yang dapat mereka gunakan dengan uang mereka. Ada 4 pilihan yang dapat dilakukan : menyimpan, membelanjakan, berinvestasi maupun menyumbang. Ini adalah dasar-dasar yang harus dimiliki anak sebelum beranjak dewasa dan mengambil banyak keputusan keuangan.

Berikut 5 pelajaran yang telah disederhanakan Susan sebagai keterampilan tentang pengelolaan uang penting bagi anak.

1. Beri Dasar Permainan Uang

Sangat penting  memberikan anak-anak cara berinteraksi dengan uang sedini mungkin. Biarkan mereka mendapatkan uang, menghabiskan, menyimpannya, menyumbangkannya bahkan berinvestasi. Dengan demikian mereka  belajar untuk menghargai uang. "Sepanjang hari, anak akan dapat menghabiskan uang Anda, tapi ada hal  khusus yang terjadi ketika mereka memiliki uang mereka di tangan mereka," jelas Susan. Anak-anak akan berpikir dua kali untuk menghabiskan uang mereka sendiri.

2. Lihat dalam Cermin

Anak-anak adalah peniru yang ulung, karenanya orangtua perlu melihat  model peran mereka ketika  menghabiskan uang. "Guru yang paling berpengaruh dalam kehidupan seorang anak adalah ayah dan ibu. Jika Anda ingin tahu bagaimana perilaku anak-anak terhadap uang, Anda harus  melihat dengan baik diri Anda sendiri," ungkap Susan.  Jika keuangan Anda terorganisir, dengan otomatis Anda telah mengajari anak-anak  sistem serupa. Jika keuangan Anda berantakan, cobalah minta penasihat keuangan membantu Anda.

3. Cari Mentor Uang

Memang, ada kecenderungan jika anak-anak lebih mendengarkan orang dewasa lain ketimbang Anda orangtuanya.  Hal ini diakui Susan dengan berkaca ke masa kecilnya. Ketika Susan tumbuh dewasa, neneknya tinggal di lantai atas, dan dia belajar banyak dari hubungan mereka.

4. Ajari Anak Untuk Menunggu

Dalam dunia yang penuh kepuasan instan ini, penting mengajarkan anak-anak untuk menunggu waktu tepat untuk mendapatkan sesuatu. Ini bisa menjadi merupakan pelajaran  yang sangat sulit diterima anak-anak.