TabloidNova.com - Sebagai perusahaan farmasi dan kimia yang berpusat di Jerman dan memiliki tanggung jawab terhadap usahanya, Merck Group di Indonesia menekankan pentingnya tanggung jawab sosial dan fokusnya terhadap masyarakat melalui program rutin setiap tahunnya, Klik Hati Merck.
Klik Hati Merck 2014 merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang memiliki konsep inovatif, karena program ini memfasilitasi individu ataupun organisasi yang aktif mengampanyekan aksi sosialnya melalui media sosial. Melalui slogan "Optimalkan Aksi Sosialmu Lewat Social Media", Klik Hati Merck 2014 terbuka bagi para pegiat sosial.
Untuk itu, Klik Hati Merck 2014 berupaya meningkatkan kualitasnya dengan menyelenggarakan social movement workshop di tiga universitas ternama (Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Persada Indonesia YAI). Merck juga menunjuk figur andal seperti Alissa Wahid dan Shafiq Pontoh sebagai juri, serta mengajak Ernest Prakasa menjadi brand ambassador-nya.
Presiden Direktur Merck Indonesia Martin Feulner, mengatakan, "Tanggung jawab sosial telah membudaya menjadi karakter, dan aksi perusahaan yang dilakukan selama beberapa generasi. Maka kami berkomitmen melakukan CSR yang berdampak langsung bagi masyarakat. Khususnya melalui Klik Hati, kami ingin mengajak masyarakat mengampanyekan aksi sosial melalui media sosial. Kami juga ingin agar para peserta memiliki keahlian dalam mengelola gerakan sosial dan mengoptimalkannya melalui media sosial."
Sebagai brand ambassador Klik Hati Merck 2014, Ernest Prakasa (peraih juara 3 Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV) mengatakan, "Klik Hati Merck sebenarnya ingin menunjukkan ke masyarakat, bahwa melakukan aksi sosial melalui media sosial itu mudah. Lewat Klik Hati Merck 2014 ini, kami ingin mengajak generasi muda memanfaatkan internet untuk aksi sosial yang lebih positif. Untuk itu, kami mengajak generasi muda untuk membuat aksi sosial dan bergabung dalam Klik Hati Merck 2014".
Individu ataupun organisasi yang sudah memiliki aksi kepedulian di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, sosial, dan budaya, serta mengomunikasikannya melalui media sosial, dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini, dengan mengakses www.klikhati.com.
Pendaftaran peserta dibuka mulai 12 Mei sampai dengan 22 Juni. Pemenangnya akan diumumkan pada 10 September mendatang. Para juri yang terdiri atas Alissa Wahid dan Shafiq Pontoh nantinya akan menentukan lima aksi sosial terbaik yang berhak menerima dana dukungan dari Merck Indonesia.
Selain itu, Klik Hati Merck 2014 juga mempertahankan kualitas dengan terus memberikan pelatihan online kepada 30 finalis Klik Hati Merck di bawah bimbingan tiga mentor media sosial, yakni pemilik akun @Idberkebun, @fiksimini, dan @justsilly, founder @BloodforLifeID.
"Berkaca dari kesuksesan Klik Hati Merck 2013, di tahun ini juga akan meningkatkan dana dukungan dengan total Rp75 juta untuk lima aksi sosial terbaik," terang Martin Feulner. Nantinya, kelima pemenang akan dipilih mewakili tiap kategori.
Merck Indonesia berharap, dana dukungan ini dapat digunakan untuk mengembangkan program-program serta menjaga agar aksi sosial ini terus berkelanjutan, seperti yang dilakukan @nebengers yang digagas oleh Andreas Aditya (salah satu pemenang aksi sosial terbaik Klik Hati Merck 2013), yang mengalokasikan dana dukungan dari Merck untuk mengembangkan aplikasi mereka pada smartphone.
Intan Y. Septiani