Junas Miradiarsyah Sukses Beradaptasi Di Tiga Generasi (1)

By nova.id, Jumat, 12 Februari 2010 | 06:17 WIB
Junas Miradiarsyah Sukses Beradaptasi Di Tiga Generasi 1 (nova.id)

Junas Miradiarsyah Sukses Beradaptasi Di Tiga Generasi 1 (nova.id)
Junas Miradiarsyah Sukses Beradaptasi Di Tiga Generasi 1 (nova.id)
Junas Miradiarsyah Sukses Beradaptasi Di Tiga Generasi 1 (nova.id)

"Junas menganggap kritik istri tentang Prambors sebagai suara pendengar. (Foto: Dok.Pri) "

Kabarnya, sepanjang usia Radio Prambors, Jakarta, Anda adalah General Manager (GM) yang termuda?Betul. Sebelumnya, yang paling muda usia 30-an. Tentu posisi ini merupakan tantangan bagi saya. Apalagi, selama ini Prambors sudah lama dikenal masyarakat sebagai radio dengan pasar remaja yang sudah mapan.

Wah, tentu menarik mendengar cerita perjalanan karier Anda.Saya alumni Hubungan Internasional (HI), Universitas Moestopo, Jakarta. Saya masuk HI karena tertarik relation-nya. Bidang pekerjaan apa pun, relation itu penting. Lulus tahun 2002, saya bekerja di Sport Magazine. Selama dua tahun sampai 2004, saya menjadi staf promosi. Ini termasuk departemen strategis karena saya menjadi lini pertama untuk bertemu orang. Saya banyak belajar dari situ.

Oktober 2004, saya masuk Prambors, Jakarta, juga di divisi promosi. Saya anggap tantangan besar, masuk di radio remaja yang termasuk terdepan dan punya jaringan yang lebih luas. Pasti bekerja di perusahaan yang establish, punya kesempatan belajar lebih besar. Memang betul, selain tempat kerja, Radio Prambors juga tempat saya menimba ilmu.

Anda tampak sangat menikmati pekerjaan?Kerja di mana pun rasanya memang harus seperti itu. Itu sebabnya, karier saya cukup bagus. Sampai tahun 2006, saya dipercaya menjadi promotion manager untuk tiga radio, yaitu Prambors, Delta, dan Female (tiga radio ini berada dalam satu grup usaha, Red.). Alhamdulillah, perjalanan karier saya on track. Membina relasi, belajar ilmu marketing, dan memegang 3 media yang pasarnya berbeda.

Bagaimana Anda me­nangani tiga radio yang berbeda segmennya?Saya harus bergaul di semua market itu. Pendengar Prambors, kan, usianya 15 - 25 tahun, kemudian Female 25-35 tahun, dan Delta 35 tahun ke atas. Itu sangat berbeda. Ketika di Prambors, saya harus bicara dengan gaya anak muda, lalu saat bertemu dengan pendengar Female, saya berkomunikasi dengan ibu-ibu arisan, kebetulan ada acara, namanya Female Business Club. Beda lagi dengan pasar Delta yang lebih managerial.

Banyak cerita menarik ketika bertemu dengan relasi?Tentu saja. Masing-masing kegiatan punya karakter sangat berbeda. Untuk radio Female, ada acara arisan ibu-ibu, Delta aktivitas seminar, dan Prambors bertemu dengan komunitas remaja. Acaranya sungguh seru. Misalnya saja, ketika bertemu dengan ibu-ibu pendengar Female, saya mendengar cerita mereka tentang tas dan fashion. Saya, sih, iya-iya saja dan berlagak sok tahu.

Namun, usai meeting, saya browsing untuk mencari tahu, apa yang sebenarnya mereka bicarakan. Nah, ketika bertemu lagi, saya makin paham apa yang mereka perbincangkan. Saya pun bisa menimpali.

Pertemuan seperti ini sering sekali saya lakukan. Saat bertemu mereka, penampilan saya pun bisa berbeda-beda. Bertemu dengan remaja, saya cukup pakai kaus. Tapi, ketika bertemu dengan pendengar Delta, saya mesti pakai jas. Semua kegiatan ini tentu saya lakukan bersama tim, untuk menarik pendengar.

Lantas?Tahun 2006 - 2009 saya diangkat menjadi asisten manajer khusus untuk radio Prambors saja. Nah, mulai Januari kemarin, saya menjadi GM, jabatan tertinggi di radio Prambors.