Kekhawatiran pada Tiap Trimester (2)

By nova.id, Rabu, 25 Maret 2009 | 07:15 WIB
Kekhawatiran pada Tiap Trimester 2 (nova.id)

TRIMESTER KEDUA

* Saya hamil 16 minggu, dan belum merasakan gerakan bayi. Apakah wajar? Walaupun Anda boleh berharap dapat merasakan gerakan dari bayi pada usia kehamilan empat sampai enam bulan, Anda tidak harus menganggap bayi akan melakukan gerakan-gerakan di minggu keenambelas.

Sangat sering terjadi denyutan pertama tidak terasa sampai usia kehamilan mencapai minggu ke-18 dan 22. Biasanya, ibu-ibu yang langsing dan pernah hamil sebelumnya dapat mendeteksi gerakan janin sedikit lebih awal. Letak plasenta juga dapat mempengaruhi seberapa besar gerakan dapat terasa. Plasenta yang letaknya di depan uterus cenderung melindungi gerakan bayi, sehingga sulit untuk merasakannya).

* Usia kehamilan saya baru masuk trimester kedua, tapi berat badan saya sudah naik 5 kg. Mungkin Anda berpikir, dengan tambahan lima kilogran, kandungan pun akan bertambah besar. Umumnya wanita hamil bertambah berat badan antara 1½ dan 2½ kg selama kehamilan tiga bulan pertama. Bisa saja kenaikannya kurang atau lebih dari angka rata-rata tadi.

Anda tidak perlu khawatir dengan seberapa berat badan Anda bertambah. Pusatkan saja perhatian pada pola makan yang benar, yaitu dengan makan makanan yang sehat dan dengan porsi yang sesuai, dan arahkan pikiran Anda untuk menaikkan berat badan secara bertahap.

* Terkadang perut menjadi lebih keras ketika saya jalan kaki. Yang Anda alami adalah kontraksi yang memicu kegiatan fisik. Kontraksi ini dapat mengkhawatirkan dan membuat rasa tidak nyaman, tetapi pada umumnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Artinya, cukup baik membiasakan diri dengan tanda-tanda kelahiran prematur, sehingga Anda dapat membedakan antara pengencangan perut yang normal dan kontraksi sebelum masa kelahiran. Lebih baik merasa akan melahirkan dengan sinyal yang salah daripada melahirkan bayi yang belum siap untuk beradaptasi dengan kehidupan di luar kandungan.

* Usia kehamilan saya 15 minggu. Tiba-tiba saya tidak lagi merasa hamil. Apakah ada sesuatu yang salah? Kelelahan di tiga bulan pertama dan rasa mual mungkin mulai berganti dan Anda mulai khawatir tidak merasakan gerakan dari janin Anda pada saat ini. Konsultasikan dengan dokter.