Tumbuh Kembang Sesuai Usia

By nova.id, Kamis, 25 Februari 2010 | 17:23 WIB
Tumbuh Kembang Sesuai Usia (nova.id)

Tumbuh Kembang Sesuai Usia (nova.id)

""

4 kemampuan dasar ini merupakan modal anak untuk melakukan fungsi-fungsi dalam kehidupannya kelak.

1. Usia 0 - 3 bulan, setidaknya sudah mampu tengkurap sebagai perkembangan awal motorik kasar. Pada kemampuan bahasa, sudah bisa mengeluarkan vokal tertentu seperti "Oooo" atau "Aaaa". Pada perkembangan sosial adaptif, sudah mulai melakukan senyum sosial, bukan lagi sekadar refleks saja.

2. Usia 3 - 6 bulan, biasanya mulai belajar tengkurap dan membolak-balikkan badan, dan mulai belajar duduk. Sudah harus bisa mengangkat kepala, memindahkan benda dari tangan yang satu ke yang lain, memasukkan benda ke dalam wadah, dan melakukan gerakan koordinasi tangan ke mulut. Untuk kemampuan bahasanya, sudah mulai babbling mengucap, "Ma.. ma.. ba.. ba.."

3. Usia 9 bulan, idealnya sudah mulai belajar merangkak dan tertawa saat bermain cilukba.

4. Usia 1 tahun, sudah mulai berdiri dan berjalan, memiliki perbendaharaan kata setidaknya 5 kata, dan sudah memahami kata mama atau papa.

5. Usia 2 tahun, sudah mulai merangkai 2 kata, misalnya, "Mama maem."

6. Usia 3 tahun, anak sudah mulai merangkai 3 kata seperti "Mama minum susu."

Dasar perkembangan ini sebaiknya benar-benar diperhatikan para orangtua, dan dilakukan sebagai langkah antisipasi bila anak mengalami keterlambatan perkembangan, yang dapat merupakan indikasi gangguan yang diderita anak.

Laili Damayanti

Foto: Dok. NOVA