Kemana Menyingkirkan Barang Bekas

By nova.id, Rabu, 13 Maret 2013 | 05:25 WIB
Kemana Menyingkirkan Barang Bekas (nova.id)

Kemana Menyingkirkan Barang Bekas (nova.id)

"Memanfaatkan barang bekas. Foto: Henry/NOVA "

Kacamata

Setelah Anda membeli kacamata baru, kirimkan kacamata lama keluar negeri sehingga Anda memberi manfaat penglihatan ke tempat orang-orang yang membutuhkan seperti ke Bolivia, Ghana dan Kamboja.

Baju Bayi

Pakaian bayi umumnya tak bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Sejak usia 0 hingga satu tahun, bayi tumbuh sangat pesat sehingga ketika bayi telah membesar pakaian tak lagi dapat digunakan. Anda pun tak mungkin menyimpan pakaian bayi berlama-lama hingga memenuhi lemari karena bayi Anda telah menggunakan pakaian dalam ukuran baru dan terus bertambah.

Pertimbangkan untuk mengemas pakaian bayi yang telah tak cukup lagi digunakan si kecil kepada orangtua lain yang membutuhkan. Jika Anda ingin menambahkan nilai sosial dalam pemberian, cobalah hubungi rumah sakit bersalin atau klinik yang tentunya memiliki banyak pasien dengan keterbatasan ekonomi.

Atau, Anda dapat mengirim pakaian bayi usia 0 hingga 12 bulan secara online ke situs lembaga swadaya masyarakat seperti, Loved Twice. Situs ini menampung dan menyalurkan pakaian bayi kepada ibu-ibu yang membutuhkan pakaian bayi di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Telepon Seluler

Membantu Pekerja Medis

Kendati telah lama, telepon seluler dapat disumbangkan ke lembaga swadaya masyarakat seperti Hope Phones. Lembaga ini memfasilitasi pelayanan kesehatan yang lebih baik di 14 negara sedang berkembang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Telepon seluler yang disumbangkan dapat digunakan pekerja medis untuk mengirim SMS mengenai informasi pasien maupun perawatan.

Daur Ulang

Jutaan ponsel para karyawan dibuang setiap tahun demi memiliki ponsel model-model baru. Kemana mereka dibuang? Sayangnya, kebanyakan ponsel berakhir menjadi pencemar lingkungan yang dilempar ke pembuangan  atau terbengkalai di laci. Cobalah menukar tambah yang akan memberi tambahan uang tunai untuk menelepon . Atau jual kembali maupun daur ulang ponsel yang sudah tak terpakai. Hanya mencetak online label bebas-pengiriman.