Asal Mula Polemik Warna Sehelai Gaun yang Jadi Trending Topic Dunia

By nova.id, Senin, 2 Maret 2015 | 04:50 WIB
Asal Mula Polemik Warna Sehelai Gaun yang Jadi Trending Topic Dunia (nova.id)

Tabloidnova.com - Sejak akhir pekan lalu, dunia maya dihebohkan oleh sehelai gaun yang menjadi polemik di seluruh dunia.

Disebut sebagai misteri gaun biru hitam atau putih emas, pertanyaan mengenai apa warna baju ini terus bergulir. 

Termasuk di media sosial twiter, tanda pagar (tagar) #TheDress pun tampaknya telah bertahan menjadi top worldwide trends, terpantau sejak Jumat (27/2) petang.

Uniknya, percakapan mengenai warna sehelai baju yang ini pun tak hanya ramai di Twitter saja, melainkan juga di berbagai media internasional, bahkan di sejumlah aplikasi percakapan seperti BBM dan Whats App.

Kalimat-kalimat "Is this white and gold or blue and black?" atau "What color do you see?" selama beberapa hari ini pun memenuhi sejumlah percakapan yang disertai tagar #TheDress di media sosial Twitter.

Warna berbeda yang dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia terkait baju itu pun menjadi contoh yang sangat  menarik, di mana posting atau status perorangan pun langsung menjadi viral dalam sekejap, bahkan dibicarakan kalangan selebritas dunia.

Misalnya, dalam berita yang diunggah BBC mengungkapkan, Kanye West menyatakan bahwa foto baju yang ia lihat itu berwarna biru dan hitam. Sementara istrinya, sosialita Kim Kardhasian mengatakan baju yang ia lihat itu berwarna putih dengan garis-garis emas.  

Lantas dari manakah sebenarnya foto sehelai baju yang menjadi polemik itu bermula? Berdasarakan sejumlah pencarian, posting pertama foto sehelai baju yang menghebohkan itu diduga berasal dari akun Tumblr milik seseorang bernama Caitlin McNeill, musisi asal Skotlandia.

McNeill mem-posting sebuah foto sehelai baju yang sedang digantung yang kemudian diberi keterangan foto: "Guys please help me -- is this dress white and gold, or blue and black? Me and my friends can't agree and we are freaking the f*** out."

Sejak postingan pertama itu, percakapan di media sosial yang menyertakan tagar #TheDress di Twitter pun selama sekitar dua hari sejak Jumat (27/2) pukul 6.45 WIB langsung tembus di angka lebih dari 1 juta percakapan. Dan setiap detiknya terpantau ada 27 kali percakapan dengan tagar #TheDress di Twitter.

Sejumlah status atau tweet dari seluruh dunia yang dinilai paling menarik untuk di-ReTweet para netizen di antaranya:

@tide: "Looks like a problem when you don't use Tide Plus colorGuard. #TheDress #DressGate" (28 Februari, 00.31 WIB, Retweeted: 10.219, Favourited: 13.019)