Perkembangan motorik kasar:
Mampu berlari.Menikung dan berhenti dengan terkontrol.Melompat ke depan 10 kali tanpa terjatuh.Berjalan di atas papan keseimbangan.
Mampu berlari.
Menikung dan berhenti dengan terkontrol.
Melompat ke depan 10 kali tanpa terjatuh.
Berjalan di atas papan keseimbangan.
Perkembangan motorik halus:
Mewarnai dengan lebih rapi.Melipat pakaian.Menggambar dan menulis.
Mewarnai dengan lebih rapi.
Melipat pakaian.
Menggambar dan menulis.
Perkembangan kognitif:
Mampu menyusun menurut rangkaian/urutan tertentu (sequence).Logika berpikirnya makin sistematis.
Mampu menyusun menurut rangkaian/urutan tertentu (sequence).
Logika berpikirnya makin sistematis.
Perkembangan emosi:
Anak mulai "iri hati" (dalam artian ingin memiliki benda/mainan seperti temannya).Kalau sudah mempunyai adik sesekali ia akan menunjukkan rasa cemburu, namun di lain waktu akan menunjukkan rasa sayangnya.
Anak mulai "iri hati" (dalam artian ingin memiliki benda/mainan seperti temannya).
Kalau sudah mempunyai adik sesekali ia akan menunjukkan rasa cemburu, namun di lain waktu akan menunjukkan rasa sayangnya.
Perkembangan bahasanya:
Menguasai 1.000-1.500 kosakata.Makin lancar berbicara termasuk mengucapkan huruf yang sulit seperti "r.Menggunakan kata ganti "saya" dan "kamu" dengan tepat tanpa terbolak-balik.
Menguasai 1.000-1.500 kosakata.
Makin lancar berbicara termasuk mengucapkan huruf yang sulit seperti "r.
Menggunakan kata ganti "saya" dan "kamu" dengan tepat tanpa terbolak-balik.
Perkembangan sosial kemandirian:
Bisa makan sendiri dengan lebih tertib.Mandi sendiri.Bisa berbagi seperti membagi bekal yang dibawa dengan teman sekolahnya.Mengucapkan permisi/tolong/terima kasih dengan tepat.
Bisa makan sendiri dengan lebih tertib.
Mandi sendiri.
Bisa berbagi seperti membagi bekal yang dibawa dengan teman sekolahnya.
Mengucapkan permisi/tolong/terima kasih dengan tepat.
Nakita