Penyebab Osteoporosis: Yang Bisa Dihindari dan Tidak

By nova.id, Kamis, 21 Maret 2013 | 08:39 WIB
Penyebab Osteoporosis Yang Bisa Dihindari dan Tidak (nova.id)

Penyebab Osteoporosis Yang Bisa Dihindari dan Tidak (nova.id)

"Ilustrasi "

Di Amerika Serikat, lebih dari 40 juta orang menderita atau berisiko tinggi mengalami osteoporosis. Penyakit ini bisa diderita pria maupun wanita di usia berapa pun, tapi biasanya terjadi pada wanita paruh baya.

Banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan osteoporosis. Di antaranya, faktor risiko yang tidak dapat dihindari dan bisa dihindari.Faktor risiko yang tidak dapat diubah mencakup: 

-    Gender. Wanita lebih sering menderita osteoporosis dibanding pria.

-    Usia. Semakin tua, Anda semakin berisiko osteoporosis.

-    Ukuran tubuh. Wanita kurus lebih berisiko daripada yang bertubuh besar.

-    Etnis. Wanita kulit putih dan Asia berada pada risiko tertinggi. Perempuan kulit hitam dan Hispanik memiliki resiko yang lebih rendah.

 -    Sejarah keluarga. Osteoporosis cenderung disebabkan faktor genetika. Jika anggota keluarga memiliki osteoporosis atau pengeroposan tulang, ada kemungkinan Anda juga memilikinya. 

Faktor risiko lain yang bisa dihindari adalah: 

-    Sex hormon. Tingkat estrogen yang rendah karena periode menstruasi abnormal atau menopause dapat menyebabkan osteoporosis pada wanita. Sedangkan kadar testosteron rendah dapat membawa osteoporosis pada pria.

-    Anorexia nervosa. Gangguan makan dapat menyebabkan osteoporosis.

-    Asupan kalsium dan vitamin D. Diet rendah kalsium dan vitamin D membuat Anda lebih rentan terhadap pengeroposan tulang.