Tidur Teratur Sembuhkan Insomnia

By nova.id, Jumat, 15 Maret 2013 | 01:44 WIB
Tidur Teratur Sembuhkan Insomnia (nova.id)

Tidur Teratur Sembuhkan Insomnia (nova.id)

""

Cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Cobalah untuk tidak tidur siang, karena tidur siang dapat membuat Anda kurang mengantuk di malam hari.

Hindari mengkonsumsi kafein, nikotin, dan alkohol di akhir hari. Kafein dan nikotin adalah stimulan dan dapat mencegah Anda jatuh tertidur. Alkohol dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan mengganggu kualitas tidur.

Berolahragalah secara teratur. Cobalah untuk tidak berolahraga berdekatan dengan waktu tidur, karena dapat merangsang Anda dan membuat sulit tidur. Para ahli menyarankan tidak berolahraga setidaknya selama tiga sampai empat jam sebelum Anda pergi tidur.

Jangan makan makanan berat di akhir hari. Sebaliknya, makan makanan ringan sebelum tidur dapat membantu Anda tidur.

Buatlah kamar tidur Anda senyaman mungkin. Pastikan ruangan tetap gelap, tenang, dan tidak terlalu hangat atau terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, cobalah masker tidur. Jika kebisingan juga membuat Anda sulit tidur, gunakanlah penyumbat telinga untuk menutupi suara.

Lakukan ritual yang bisa membantu Anda bersantai sebelum tidur. Misalnya, membaca buku, mendengarkan musik, atau mandi.

Hindari menggunakan tempat tidur untuk apa pun selain tidur atau melakukan hubungan intim dengan suami/istri.

Jika Anda tidak dapat tertidur dan tidak merasa mengantuk, bangun dan membaca atau melakukan sesuatu yang tidak terlalu merangsang sampai Anda merasa mengantuk.

Jika Anda tetap terjaga karena memikirkan hal-hal yang mengkhawatirkan (misalnya, perlengkapan yang harus Anda bawa besok ke kantor atau lainnya), cobalah membuat daftar to-do sebelum Anda pergi tidur. Ini dapat membantu Anda untuk tidak berfokus pada hal yang Anda khawatiran.

Ester Sondang