25 Tips Medical Check Up

By nova.id, Jumat, 8 Maret 2013 | 04:28 WIB
25 Tips Medical Check Up (nova.id)

25 Tips Medical Check Up (nova.id)

"Foto: Getty Images "

- Mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati. Mengingat sehat itu penting dan mahal, maka mencegah penyakit dengan rutin melakukan deteksi dini melalui medical check up (MCU) sangat disarankan.

- MCU pada dasarnya bukanlah pemeriksaan yang baru dapat dilakukan ketika muncul keluhan, melainkan sebuah pemeriksaan yang sebaiknya rutin dilakukan. MCU dapat dilakukan sesuai usia dan riwayat kesehatan. Ada juga yang memerlukan kontrol rutin, seperti diabetes, hipertensi, atau gangguan prostat.

- Selama MCU dilakukan paling sering setahun sekali, maka pengecekan komprehensif ini tidak memiliki efek samping. Justru banyak manfaat yang didapat dengan mengetahui kondisi tubuh secara menyeluruh.

- Faktanya, insiden penyakit berisiko tinggi seperti jantung atau kanker kini sudah semakin banyak menyerang mereka yang berusia lebih muda. Maka, MCU sebaiknya mulai rutin dilakukan ketika telah menginjak usia 30 tahun.

- Sementara ketika usia Anda di bawah 30 tahun pun, jangan sampai menunggu ada keluhan. Periksakan tubuh secara menyeluruh agar hal-hal yang perlu diperbaiki dapat segera diketahui. Hanya saja, meski dibolehkan, selama tak ada keluhan yang harus ditindaklanjuti, Anda belum wajib melakukan MCU setahun sekali.

- Pada usia di atas 30 tahun, untuk menjaga perkembangan kesehatan tetap terpantau, idealnya Anda melakukan MCU secara berkala sekitar 1-2 tahun sekali.

- Mengingat kesehatan begitu penting dan tak ternilai harganya, sebaiknya pilih tempat MCU yang sudah dikenal memiliki pelayanan profesional, memiliki standarisasi yang teruji, sehingga akan memberikan hasil pemeriksaan yang akurat.

- Beberapa tempat MCU menyediakan paket-paket yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Untuk mendapatkan pemaparan yang komprehensif, ada baiknya memilih paket dengan pemeriksaan kondisi tubuh secara menyeluruh terlebih dahulu. Apabila sudah diketahui ada keluhan, maka dapat segera ditindaklanjuti.

- Apabila orangtua diketahui memiliki penyakit yang dapat diturunkan secara genetik, Anda bisa memilih paket MCU rutin sesuai dengan keluhan atau penyakit yang diderita. Misalnya, Anda hanya ingin periksa untuk deteksi diabetes atau jantung koroner, biasanya tempat MCU menyediakan paket-paket khusus untuk itu.

- Pilih dengan cermat paket-paket MCU yang disediakan pusat-pusat pelayanan kesehatan. Paket tersebut umumnya memberikan harga yang lebih terjangkau. Meski demikian, pastikan paket pemeriksaan tersebut tetap berkualitas dan akurat.

- Di lain pihak, paket-paket MCU dengan harga lebih rendah umumnya memerlukan waktu pemeriksaan yang lebih lama. Karena harganya yang murah, permintaan pun jadi meningkat. Biasanya, hasil pemeriksaan baru dapat diterima setelah tiga hari.