Pola Asuh Kelewat Ideal Justru Bahaya

By nova.id, Selasa, 22 November 2011 | 22:54 WIB
Pola Asuh Kelewat Ideal Justru Bahaya (nova.id)

Ideal, sih, boleh-boleh saja. Tapi jangan terikat habis.Dampaknya buruk, lo, buat anak dan si ibu sendiri.

Bahwa tiap orang tua harus punya gambaran ideal sebagai titik orientasi dalam menjalani hidup, benar adanya. Termasuk dalam mendidik anak. Hanya saja, tegas Dra. Suhati Kurniawati yang akrab disapa Iin, psikolog dari LPT UI (Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia), jangan lalu cuma terpaku pada gambaran ideal tadi. Bisa-bisa, "Anak dididik seperti robot."

Pola pengasuhan, jelas harus ada. Begitu juga dengan aturan, pembiasaan, maupun rutinitas. Dengan catatan, tak terlalu kaku atau berlebihan. "Apa pun juga, anak tetap harus diberi kesempatan untuk belajar memilih. Juga diajak bicara dan dikenalkan pada kebutuhan dan keinginannya. Toh, yang namanya ideal, tak harus sama dan tak mungkin pernah sama dengan kenyataan." Yang pasti, "Orang tua harus menghargai keinginan anak dan memberinya kesempatan untuk membuat pilihan sendiri."

Konyolnya, tak sedikit orang tua yang justru mencekoki anaknya dengan pola tertentu yang itu-itu saja dari waktu ke waktu tanpa ada alternatif lain. Anak jadi tak punya kesempatan bertanya. Bahkan sebelum sempat bertanya pun, orang tua sudah membuatkan keputusan untuknya. Tak heran jika kelak saat dewasa, anak jadi terbiasa bergantung pada pilihan dan keputusan yang dibuatkan orang tuanya. "Kelihatannya sepele, ya? Tapi dampaknya bisa berupa rentetan yang panjang sekali."

JADWAL KELEWAT KETAT

Ironisnya, orang tua kerap terjebak pada gambaran ideal tentang seorang anak yang sering digembar-gemborkan, yaitu yang pintar secara skolastik semisal cepat pintar membaca, menulis, dan berhitung,sehat yang semata-mata "disederhanakan" lewat penampilan fisik yang gemuk dan menggemaskan, yang bisa menunjukkan sikap manis/sopan. Padahal, semua gambaran ideal tentang sosok anak tadi tak akan bermakna jika sebatas rutinitas belaka tanpa ada nilai-nilai yang mendasarinya.

"Sebetulnya, orang tua banyak yang terjebak seperti itu karena keadaan masyarakat kita yang memang masih mengkondisikan para ibu untuk pegang peran lebih besar dibanding bapak dalam mendidik anak." Ibu-ibu yang kelewat ideal dalam arti sempit ini (karena hanya sebatas yang kelihatan), jelas Iin, seringkali membuat kehidupan anaknya jadi "very scheduled". Misal, minum susu dan buang air harus sesuai jadwal.Bahkan, menu makannya sudah ditetapkan jauh-jauh hari tanpa boleh diutak-atik sedikit pun! Termasuk bila ikan gindara agak sulit diperoleh dibanding ayam, contohnya.

Kendati begitu, Iin tak menyangkal jika pola asuh kelewat ideal, belakangan ini seolah jadi trend di kalangan keluarga muda. Boleh jadi kesibukan mereka yang begitu padat di luar rumah menuntut mereka untuk mengatur jadwal di rumahnya menjadi sama ketatnya. Melenceng sedikit saja, dianggap salah besar. Tak heran bila para babysitter lantas harus membuat laporan sampai ke hal-hal detail mengenai rutinitas anak. "Seolah, tanpa gambaran-gambaran ideal yang digembar-gemborkan tadi, dirinya adalah nothing."

TAK BISA BERKEMBANG

Padahal, anak yang dibesarkan dalam kondisi serba ideal justru lebih banyak mengalami benturan dalam kehidupan bermasyarakat. Entah jadi rewel setiap kali ditinggal orang yang selama ini menyediakan/mengupayakan kondisi ideal tersebut atau tak terbiasa membuka mata terhadap hal-hal di luar kebiasaannya. Bukan tak mungkin pula anak merasa tersiksa karena dianggap aneh atau berbeda dari teman-teman atau lingkungannya. "Padahal, manusia adalah makhluk sosial."

Mau tak mau, pada anak yang pintar, misal, harus diajar berani untuk melihat bahwa ada pihak lain dalam masyarakat struktural yang lemah atau tak sepandai dirinya. "Nilai-nilai semacam ini, kan, tak bisa diajarkan begitu saja secara instan." Selain itu, kemandirian anak yang dibesarkan dalam kondisi kelewat ideal bisa dibilang tak berkembang atau setidaknya kurang berkembang. "Bagaimana bisa berkembang kalau semua selalu disediakan dan kebutuhannya pun terlayani lewat segala bentuk pengabdian luar biasa dari si ibu?"

Bukan tak mungkin pula anak mengalami kemandekan dibanding anak seusianya lantaran ada bagian-bagian tertentu yang memang tak pernah dicoba untuk dikembangkan. "Sayang sekali, kan, bila pola pikirnya jadi sedemikian kaku? Artinya, strategi yang dipakai untuk mengatasi masalah, terbatas itu-itu lagi, padahal situasinya jelas berbeda."