Waspadai Radang Selaput Otak pada Anak

By nova.id, Rabu, 20 Februari 2013 | 06:26 WIB
Waspadai Radang Selaput Otak pada Anak (nova.id)

Waspadai Radang Selaput Otak pada Anak (nova.id)

"Ilsutasi "

Meningitis adalah penyakit yang sangat serius dan sangat penting bagi orang tua untuk memahami gejala dan kapan untuk mencari bantuan medis.   Berikut ini adalah panduan mengenai meningitis dari Dr Willian Sears, MD,  seorang ahli pediatrik asal Amerika Serikat.   Anda akan diajarkan mengenai gejala, bagaimana mengetahui anak Anda terserang penyakit ini, kapan harus khawatir (dan apa yang tidak perlu dikhawatirkan), kapan harus mencari bantuan medis, serta bagaimana mendiagnosis dan mengobatinya.

APA ITU MENINGITIS?

Meningitis adalah infeksi pada lapisan (meninges) dan cairan yang menutupi bagian luar otak dan sumsum tulang belakang. Infeksi dapat menyebar ke jaringan otak dan menyebabkan kerusakan otak.  

APA PENYEBAB MENINGITIS

Ada dua penyebab utama:

Meningitis Viral.

Ada beberapa virus yang dapat menyebabkan meningitis viral. Nama mereka tidak penting. Hal ini TIDAK dapat diobati dengan antibiotik. Ini adalah penyakit musiman, dengan sebagian besar kasus terjadi selama musim panas dan awal musim gugur.   Ini bisa sama menyakitkan seperti meningitis bakteri, tetapi biasanya tidak serius atau merusak.  

Meningitis bakteri.

Disebabkan oleh bakteri yang berbeda. Pneumococcus dan E Coli yang umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Meningococcus lebih umum menyerang mahasiswa atau personil militer yang tinggal di asrama.   Meningitis bakteri bisa diobati dengan antibiotik IV, tapi kadang-kadang berdampak kerusakan otak bahkan jika diobati dini. Ada sebuah vaksin baru yang disebut Prevnar yang kini diberikan kepada bayi untuk melindunginya dari Pneumococcus dan untuk mahasiswa untuk melindungi meningokokus.  

APA GEJALA UTAMA MENINGITIS?

Demam. .