Dia, Kok, Beda?

By nova.id, Kamis, 11 Agustus 2011 | 23:32 WIB
Dia Kok Beda (nova.id)

Dia Kok Beda (nova.id)

"Ilustrasi "

Ternyata tidak, kok! Si prasekolah bukan sedang mem-bandingkan dirinya de-ngan temannya. Melainkan, ia mulai melihat adanya perbedaan antara dirinya dengan teman-temannya. "Oh, rambut Ita lebih bagus. Beda ya, dengan rambut-ku yang tidak berjepit," misal. Umumnya hal ini terjadi saat anak mulai memasuki lingkungan sosial yang baru, seperti "sekolah", yang kondisinya sangat berbeda dari lingkungan keluarga yang selama ini ditemuinya sehari-hari.

Adanya perbedaan yang khas antara dirinya dengan teman sangat mungkin menjadikan ia ingin memilikinya. Ketahuilah, anak-anak usia prasekolah memang punya kebiasaan menunjukkan benda-benda yang menjadi miliknya kepada orang lain. Akan tetapi, bukan sifat anak-anak membanding-bandingkan miliknya dengan milik orang lain. Karena itu, bila si kecil sampai melakukan perbandingan, bisa jadi lantaran ia tak diberi pengertian yang baik oleh orangtuanya.

BEDA APA SAJA?

Banyak sekali perbedaan yang dapat ditemui anak dalam kehidupan sehari-harinya saat memasuki lingkungan baru, yang akhirnya menimbulkan beragam pertanyaan dan komentar dari si anak. Berikut di antaranya:

1. Perbedaan kepemilikan yang sifatnya materi.

2. Perbedaan kekhasan yang sifatnya fisik.

3. Perbedaan karakter.

4. Perbedaan pola kehidupan.

5. Perbedaan nilai-nilai yang dianut dalam keluarga.

MENYIKAPI BEDA MATERI

* Berikan tanggapan sepantasnya