Makanan Berkhasiat Penurun Berat Badan

By nova.id, Jumat, 14 Desember 2012 | 01:00 WIB
Makanan Berkhasiat Penurun Berat Badan (nova.id)

Makanan Berkhasiat Penurun Berat Badan (nova.id)

"Ilustrasi "

Greek Yogurt

Apa yang membuat Greek Yogurt  sebagai alat lezat  menurunkan berat badan? Ternyata  ini didapat dari kandungan protein yang dimilikinya. GY  memiliki dua kali lipat  kandungan protein yogurt lainnya. "Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dikosongkan dari perut," demikian ungkapan ahli gizi dan olahraga, Leslie Bonci, MPH, RD. "Hal ini pula yang membuat Anda puas (kenyang) lebih lama," tambah Bonci lagi. Tubuh sendiri membutuhkan kalori lebih banyak untuk mencerna protein ketimbang karbohidrat. Agar maksimal, pilih protein non-lemak, rendah lemak, dan rendah gula.

Quinoa

Quinoa (keen-wa) adalah nutrisi terbaik bagi rencana penurunan berat badan Anda. Secangkir bahan sejenis gandum ini, memiliki  kandungan 8 gram protein penghilang lapar, dan 5 gram serat. Dan, bahan ini juga  mudah dimasak layaknya beras. Beberapa jenis quinoa juga dilengkapi nutrisi seperti zat besi, selenium, zinc, dan vitamin E. Jika Anda tertarik menjadikannya sebagai pola makan penurunan berat badan, kombinasikan dengan sayuran, kacang-kacangan dan protein sederhana.

Kayu manis

Penelitian menunjukkan, kayu manis  memiliki efek menstabilkan tingkat gula darah. Ini dapat mengurangi nafsu makan, terutama pada orang dengan diabetes melitus tipe 2. Hampir semua orang dapat meraih keuntungan kayu manis secara tradisional. Tambahkan kayu manis bubuk ke dalam minuman teh, kopi, atau yoghurt untuk menambah rasa manis tanpa menambahkan kalori.

Cabai

Cabai mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Bahan ini memang lebih banyak terkandung dalam herba pedas, seperti juga dikandung cabai jalapeños. Senyawa ini dapat menahan nafsu makan dan mempercepat metabolisme, kendati hanya dalam waktu singkat. Bonci meragukan jika ini memiliki dampak signifikan pada penurunan berat badan. Namun, konon, orang cenderung makan lebih sedikit ketika mereka makan makanan yang pedas.

Pir dan Apel

Pir dan apel memiliki kadar air yang tinggi. Makanlah pir atau apel beserta dengan kulit untuk mendapatkan serat tambahan, ini akan membuat Anda kenyang lebih lama. Bonci merekomendasikan memakannya langsung ketimbang membuatnya menjadi jus buah. Bukan hanya manfaat lebih banyak serat yang didapat. Saat Anda mengunyahnya, ini membutuhkan waktu lebih lama dan mengeluarkan tenaga sehingga cukup membakar kalori.

Ubi Jalar