Agar Piknik Tambah Asyik

By nova.id, Kamis, 11 November 2010 | 03:42 WIB
Agar Piknik Tambah Asyik (nova.id)

Siapa tak suka piknik? Selain membawa keceriaan, piknik juga menyegarkanpikiran karena dilakukan di alam terbuka. Apa saja yang harus disiapkan?Simak di sini.Piknik dengan mengajak seluruh anggota keluarga tentu butuh persiapanjauh-jauh hari secara matang. Buat daftar persiapannya agar piknikberjalan menyenangkan. Ini dia sembilan langkah yang bisa Anda lakukanmenjelang piknik:

1. Hitung Anggaran Biaya

Kalau anggaran biaya Anda tidak banyak, buang jauh-jauh keinginan untukpiknik di tempat yang mahal atau butuh biaya banyak. Coba pikir kembali,pasti ada tempat rekreasi yang bisa Anda kunjungi yang tak jauh daritempat tinggal dengan biaya relatif terjangkau.

2. Tentukan Waktu

Sebaiknya, perencanaan piknik ini tidak dilakukan dalam waktu mepet,sehingga persiapan bisa maksimal dan seluruh anggota keluarga bisa ikut.

3. Pastikan Tujuan

Kalau Anda hanya punya waktu saat akhir pekan, sebaiknya tempat yangdituju tidak perlu jauh-jauh. Kalau perlu, cukup di dalam kota saja. Kalauperlu, diskusikan soal penentuan lokasi ini bersama seluruh anggotakeluarga, sehingga mereka bisa merasakan semangat piknik ini sejak awal.Pilih lokasi yang bisa membuat seluruh keluarga berkumpul dan berbincangdengan nyaman.Tempat yang dipilih sebaiknya bisa dinikmati seluruh keluarga, termasuk SiKecil, misalnya di pinggir danau, taman buah, atau pantai. Yang penting,jalinan kekeluargaan semakin erat karena waktu yang dihabiskan bersamakeluarga cukup berkualitas.

4. Buat daftar

Tentukan siapa saja yang akan Anda ajak, selain keluarga inti. Mengetahuijumlah dan usia peserta piknik akan memudahkan Anda dalam menyiapkanbanyak hal.

5. Mengatur Menu

Bila Anda mem­bawa anak kecil atau balita, jangan lupa menyediakan menudan makanan kesukaan mereka, sehingga mereka bisa tetap menikmati acaramakan dengan senang. Sediakan pula snack agar perjalanan tidakmembosankan, terutama bila perjalanan cukup memakan waktu atau mengalamikemacetan. Pastikan snack Anda disimpan dalam wadah yang rapat tutupnyasehingga tetap renyah dan tidak mudah tumpah.

6. Berbelanja