Pengobatan Herbal: Masih Ada Harapan Sembuh

By nova.id, Selasa, 6 Maret 2012 | 22:56 WIB
Pengobatan Herbal Masih Ada Harapan Sembuh (nova.id)

Pengobatan Herbal Masih Ada Harapan Sembuh (nova.id)
Pengobatan Herbal Masih Ada Harapan Sembuh (nova.id)

"Foto: Fadoli Barbathully/Nova "

Ahli pengobatan herbal, Dr. Christian N.The, mengatakan mengobati kanker dengan cara herbal sejauh ini masih terbuka lebar. Pasalnya, penelitian mengenai tanaman herbal sebagai obat kanker masih terus dilakukan. Meski demikian, Christian mengingatkan, "Seseorang yang mengidap kanker, di dalam tubuhnya tetap akan mengidap sel pembawa sifat kanker (onkogenik). Jadi, untuk (sel kanker itu) dihilangkan dari tubuh, agak susah."

Menanggapi fakta semacam ini, Christian tak serta-merta putus asa atau menganggap pengobatan modern lebih mutakhir dalam memberantas kanker. Menurutnya, sebaiknya seseorang yang menderita kanker melakukan pengobatan kombinasi. Maksudnya mencampur pengobatan Barat (modern) dengan Timur (herbal).

"Pengobatan Barat, kan, lebih bersifat invansif, yakni langsung mematikan sel kanker. Kalau pengobatan Timur sifatnya cenderung lebih membangun imunitas. Kalau ala Barat, senjata pengobatannya kemoterapi. Selain sel-sel kanker mati, sel-sel normal lainnya juga mati. Ketika pengobatan kombinasi dilakukan, herbal dapat membantu me-recovery dengan cepat sel normalnya. Jadi saya lebih setuju pengobatan kombinasi," urai Christian panjang lebar.

Untuk melakukan pengobatan kombinasi seperti ini, Christian menyarankan pengobatan dilakukan berselang-seling. Misalnya untuk penderita kanker kelenjar getah bening, sebisa mungkin pasien tidak dioperasi. "Lebih baik dikemoterapi saja. Usai dikemoterapi, penderita bisa langsung melakukan pemulihan dengan terapi herbal, yakni bisa dengan meminum obat atau diinfus dengan ekstraksi herbal. Sistemnya berimbang ini lebih bagus, tidak bisa terpisah," terang Christian.

Herbal Penghancur Kanker 

Saat ini, kanker payudara berada di urutan pertama sebagai jenis kanker yang paling mematikan. Di urutan kedua ada kanker serviks yang kemudian diikuti oleh kanker kelenjar getah bening. Belakangan ini, Christian juga sangat serius menangani jenis kanker yang ketiga.

Untuk membantu pasiennya, ia mengombinasikan beberapa jenis herbal yang bisa menghancurkan sel kanker kelenjar getah bening. Beberapa di antaranya adalah herbal yang bersifat imuno modulator. Yakni berfungsi membangun sistem kekebalan tubuh untuk mencegah sel kanker tidak bertambah besar atau berkembang. Christian juga memberikan beberapa contoh tanaman herbal yang biasanya digunakan untuk menghancurkan kanker.

Contoh Tanaman Herbal untuk Kanker Kelenjar

Getah Bening 

Filantus Niruri (Meniran):Sangat bagus digunakan untuk terapi imuno modulator dan juga ejavan atau herbal pendamping obat-obat kemoterapi. Herbal ini bekerja pada sistem imuno yang memodulasi sistem kekebalan tubuh terutama limfosit A dan limfosit B. Cara kerjanya adalah dengan berkomulasi sehingga kanker tidak berkembang.