Tipe Supermom yang Mana?

By nova.id, Jumat, 10 Desember 2010 | 17:01 WIB
Tipe Supermom yang Mana (nova.id)

Tipe Supermom yang Mana (nova.id)
Tipe Supermom yang Mana (nova.id)

"Foto: Getty Images "

1. Hari ini adalah hari pertama Si Kecil masuk sekolah! Anda mengantarkannya masuk ke kelas barunya, lalu...a. Tersenyum, sambil menghela nafas. "Dia siap dan Anda pun siap." Ini merupakan hal yang baru bagi Anda dan Si Kecil.b. Mengambil foto pertamanya masuk sekolah, lalu langsung mengirimkan ke kakek-neneknya sebelum akhirnya berangkat kerja. Misi selesai!c. Berdiri lumayan lama di pintu kelas, dan berharap dapat mengintip sedikit ke dalam ketika kelas dimulai.d. Berikan pelukan hangat dengan rasa percaya diri, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lalu menanyakan kapan kelas selesai agar Anda bisa menjemputnya.2. Hari ini adalah jadwal Anda untuk bertemu teman-teman lama. Namun, sebelumnya Anda...a. Memesan pizza melalui delivery order. Lalu berdandan sebentar dan segera pergi karena Anda perlu memesan tempat untuk arisan bersama teman-teman Anda nanti.b. Memesan tempat di restoran tempat bertemu teman-teman melalui telepon, termasuk memesan makanan. Memberitahukan kepada para teman agar memulai pestanya tanpa perlu menunggu Anda, karena Anda akan datang terlambat.c. Datang tepat waktu setelah menyiapkan makanan bergizi di rumah bagi Si Kecil. Tidak lupa menyempatkan sebentar memeriksa PR-nya dan menasihati buah hati Anda untuk tidur tepat waktu.d. Sebelum pergi, Anda mengatakan kepada Si Kecil bahwa kali ini mereka dapat makan sereal untuk makan malam, plus buah sebagai makanan penutupnya juga.

3. Apa yang Anda lakukan setelah pertemuan antara orang tua dan guru di sekolah?a. Merayakan nilai B pada matematika yang dicapai oleh Si Kecil! Pasalnya, nilai tersebut lebih baik dibandingkan tahun lalu.b. Meng-SMS anak Anda: "Good Job". Lalu, langsung memanggil guru les privat matematika untuk datang ke rumah satu jam setiap minggunya, agar Si Kecil tetap dapat mempertahankan "Good Job"- nya tersebut.c. Mampir sebentar dari kantor untuk sekadar bertemu kembali dengan kepala sekolah. Menginformasikan kemungkinan pelajaran matematika yang diajarkan sekolah tersebut tidak mengikuti patokan umur anak yang sewajarnya.d. Walaupun Si Kecil mendapat nilai B, Anda mengirimkan bunga dan tanda ucapan terima kasih kepada guru kelasnya.

4. Pada hari pertama pelajaran olahraga, pelatih mengajak orang tua sebagai sukarelawan, apa yang Anda lakukan?a. Tentunya Anda langsung mengajukan diri! Sebab, Anda senang sekali untuk ikut serta dalam tim dengan Si Kecil.b. Anda mengangkat tangan keikutsertaan, sambil berpikir bahwa Anda bisa melakukan improvisasi komunikasi dengan baik di dalam pertandingan dengan buah hati.c. Langsung mengajukan diri, karena memang Anda merencanakan untuk mengikuti semua latihan dan permainan.d. Tidak begitu mengerti aturan main sebuah tim, karena ini adalah olahraga pertama yang diikuti oleh anak Anda.

5. Anda kehabisan kue ulang tahun karakter kartun yang diinginkan oleh Si Kecil di hari Spesialnya. Andapun...a. Memutuskan segera membeli kue es krim cokelat yang lezat.b. Tidak ingin mengecewakan Si Kecil, Andapun mencari ke sana-sini, hingga menemukan kue ulang tahun motif yang diinginkannya.c. Anda memutuskan untuk membeli kue tanpa motif, lalu segera membeli beberapa miniatur dari tokoh favoritnya untuk hiasan kue. Daripada gagal bila mencoba membuat kue motif Batman sendiri.d. Membeli kue ulang tahun dengan motif yang tersedia di toko saja, walaupun beda, tapi ya... tetap saja kue ulang tahun, tidak peduli motifnya apa.

6 Anda sedang merancang liburan kenaikan kelas untuk Si Kecil, walaupun saat ini masih bulan Februari. Anda...a. Melakukan riset dan mencari info saja dulu, sambil menanti liburannya hampir tiba. Siapa tahu ada perubahan rencana. Lebih baik bersabar menunggu daripada membuang budget.b. Anda langsung mendaftarkan kegiatan musim libur bagi anak-anak dengan mengikutsertakan mereka ke dalam "program kemandirian" yang pastinya menyenangkan!c. Pagi-pagi benar, Anda sudah mendaftarkan anak Anda untuk mengikuti program sekolah yang diadakan selama liburan. Andapun yakin, suatu hari mereka akan berterima kasih pada Anda.d. Menyadari bahwa ini masih terlalu awal, masih Februari! Saatnya kembali tidur.

7. Sudah pukul 5 sore di hari Minggu, Si Kecil baru memberitahukan Anda bahwa ia harus mengerjakan tugas sekolah yang bertemakan "Pelestarian Kebudayaan". Tugasnya harus dibawa Senin pagi. Anda...a. Pergi ke toko barang-barang kerajinan sambil berdoa agar toko tersebut masih buka dan Anda dapat menemukan barang yang cocok untuk tugas Si Kecil. Dengan barang-barang kerajinan tersebut Anda mendampingi Si Kecil menyelesaikan tugasnya.b. Langsung mengeluarkan laptop dan browsing mengenai bermacam-macam nilai pelestarian kebudayaan, lalu memberikannya kepada anak Anda untuk disusun dalam laporannya. Tugas pun hampir selesai sebelum makan malam dimulai.c. Sebelumnya Anda sudah mengetahui tugas tahunan seperti ini memang sudah biasa. Sehingga ketika liburan keluarga ke Bali, Anda sudah membeli beberapa barang etnik dan kerajinan yang merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia.d. Tidak terlalu khawatir, karena hal ini dialami oleh Bunda lainnya juga. Anda tinggal menyuruh buah hati membuka kembali boks simpanan barang-barang lama Anda. Siapa tahu menemukan kain batik lama peninggalan Eyang yang masih tersimpan dengan cantik.

HASIL:

Mayoritas jawaban A --> Funseeker Mom

Bunda yang masuk kategori ini memiliki karakter yang selalu siap dengan aksinya, seperti membuat kue kecil berwarna-warni, merancang boks es jus segar hingga mengatur pada masalah perilaku dari anak-anaknya. Ia membuat situasi apapun yang dihadapi menjadi situasi yang terbaik bagi buah hatinya, walaupun situasinya cukup berat. Tipe Bunda ini berprinsip bahwa gelas adalah setengah penuh setiap saat alias optimis selalu.

Mayoritas jawaban B --> The Alpha Mom