Pas Mengolah Pasta (1)

By nova.id, Senin, 20 September 2010 | 17:03 WIB
Pas Mengolah Pasta 1 (nova.id)

Pas Mengolah Pasta 1 (nova.id)
Pas Mengolah Pasta 1 (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Bagi mayoritas penduduk di belahan bumi mana pun, pasta identik dengan makanan Italia. Padahal tak ada yang tahu pasti sejak kapan pasta ada. Ada yang menyebut Marco Polo sebagai tokoh yang mengenalkan pasta ke Italia sekembalinya dari menjelajah daratan China. Boleh jadi demikian karena memang ada kemiripan antara pasta dan mi yang merupakan makanan pokok bangsa China sejak berabad-abad sebelumnya. Agar olahan pasta terasa nikmat, apa saja yang harus dilakukan?

Perhatikan Saat Berbelanja

Asal tahu saja, pasta buatan Italia umumnya berukuran lebih tebal daripada pasta buatan Amerika.Saat membeli pasta segar, jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya guna memastikan pasta yang Anda beli benar-benar masih baik kondisinya dan siap diolah. Boleh-boleh saja kalau Anda ingin bereksperimen mengganti pasta. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa aturan umum yang berlaku. Yakni pilihlah pasta pengganti yang memiliki kesamaan bentuk dan ukuran dengan jenis pasta yang digantikan. Maksudnya antara lain agar pasta matang secara merata dalam waktu yang bersamaan.Penting pula untuk memadukan bentuk pasta dengan sausnya, Pasta bentuk rata tentu paling pas bila disajikan dengan saus sederhana. Sedangkan bentuk lain yang memiliki lekukan dan celah mungkin akan lebih serasi bila disajikan dengan saus yang dilengkapi dengan potongan roti dan bahan-bahan lainnya.Kalau memilih pasta kering, bacalah apa yang tertera dalam kemasannya, apakah mengandung tepung semolina atau tidak (dalam label biasanya tertulis durum-semolina atau semolina gandum). Kalau tertulis demikian berarti pasta kering tersebut merupakan pasta dengan kualitas terbaik. Biasanya bentuk dan kekokohannya akan bertahan saat dimasak, hingga tidak akan jadi benyek ataupun lengket satu sama lain. Sebaliknya, pasta yang tidak terbuat dari tepung semolina akan cepat lembek dan gampang hancur saat diaduk. Pasta jenis ini lebih cocok untuk diolah sebagai sajian bergaya casserolePasta yang dibuat dengan campuran telur umumnya terlihat lebih berkilat sehingga tampil lebih manis saat disajikan.

Asal tahu saja, pasta buatan Italia umumnya berukuran lebih tebal daripada pasta buatan Amerika.

Saat membeli pasta segar, jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya guna memastikan pasta yang Anda beli benar-benar masih baik kondisinya dan siap diolah.

Boleh-boleh saja kalau Anda ingin bereksperimen mengganti pasta. Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa aturan umum yang berlaku. Yakni pilihlah pasta pengganti yang memiliki kesamaan bentuk dan ukuran dengan jenis pasta yang digantikan. Maksudnya antara lain agar pasta matang secara merata dalam waktu yang bersamaan.

Penting pula untuk memadukan bentuk pasta dengan sausnya, Pasta bentuk rata tentu paling pas bila disajikan dengan saus sederhana. Sedangkan bentuk lain yang memiliki lekukan dan celah mungkin akan lebih serasi bila disajikan dengan saus yang dilengkapi dengan potongan roti dan bahan-bahan lainnya.

Kalau memilih pasta kering, bacalah apa yang tertera dalam kemasannya, apakah mengandung tepung

semolina

 atau tidak (dalam label biasanya tertulis