Asam Manis Tapai

By nova.id, Senin, 6 September 2010 | 17:17 WIB
Asam Manis Tapai (nova.id)

Asam Manis Tapai (nova.id)

"Foto: Fadoli Barbathully "

Tapai Singkong

 Pilih singkong mentega dengan kematangan yang pas. Setelah dikupas, keruk permukaan singkong agar kesat dan tidak pahit. Ingat, jangan terlalu matang mengukus singkong, karena akan semakin lembek. Taburi singkong dengan ragi, bungkus daun pisang, simpan di tempat hangat, dalam wadah kedap udara selama 2-4 hari.

Tapai Ketan Hitam dan Hijau

Rendam beras ketan semalaman, lalu kukus. Taburi ragi, bungkus daun pisang, simpan dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari di tempat hangat. Begitu pula dengan tapai ketan hijau, bedanya pada saat merendam beras ketan tambahkan 2 tetes pewarna hijau.

Ragi Tapai

Pilih ragi tapai dengan kualitas prima yaitu ragi yang putih bersih, tidak hancur, dan tidak beraroma apek. Kenapa? Karena ragi yang berkualitas adalah kunci kenikmatan tapai.

Tips:

Sebelum mencapai 2-3 hari, jangan pernah membuka bungkusan ragi saat diperam. Selain merusak proses fermentasi, tapai juga tidak mengembang dengan maksimal.Jangan terlalu lama memeram tapai. Semakin lama, tapai akan semakin asam dan kandungan alkoholnya semakin tinggi, sehingga kurang enak.Pilih beras ketan hitam dan putih dengan kualitas terbaik. Beras ketan yang kurang bagus akan menghasilkan tapai yang lembek dan cenderung hancur (seperti bubur).Segera simpan tapai yang sudah matang di dalam kulkas, untuk menghentikan proses fermentasi, sehingga tapai akan tambah tahan lama.

Sebelum mencapai 2-3 hari, jangan pernah membuka bungkusan ragi saat diperam. Selain merusak proses fermentasi, tapai juga tidak mengembang dengan maksimal.

Jangan terlalu lama memeram tapai. Semakin lama, tapai akan semakin asam dan kandungan alkoholnya semakin tinggi, sehingga kurang enak.

Pilih beras ketan hitam dan putih dengan kualitas terbaik. Beras ketan yang kurang bagus akan menghasilkan tapai yang lembek dan cenderung hancur (seperti bubur).