Para Netizen Rayakan Hari Anti Korupsi di Dunia Maya

By nova.id, Rabu, 10 Desember 2014 | 07:12 WIB
Para Netizen Rayakan Hari Anti Korupsi di Dunia Maya (nova.id)

TabloidNova.com - Selasa (9/12) lalu merupakan hari peringatan Anti Korupsi se-Dunia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun ikut merayakannya dengan menggelar peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia ini di Yogyakarta pada 9-11 Desember, yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Di sisi lain, korupsi justru masih menjadi permasalahan pelik di negeri ini, yang seakan sulit untuk diatasi. Berbagai upaya pun telah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memberantas habis tindak korupsi. Salah satunya dengan membentuk KPK, yang diharapkan mampu mengatasi dan memecahkan segala bentuk kasus korupsi.

Para netizen pun ikut merayakan Hari Anti Korupsi di dunia maya. Perbincangan mengenai isu ini di berbagai media sosial hingga pukul 15.00 WIB terpantau sebanyak 11.822 mention yang mengikutsertakan kata kunci "Hari Anti Korupsi".

Sebanyak 11.379 mention atau percakapan berasal dari Twitter, dan 121 percakapan berasal dari Facebook. Sebanyak 347 pembahasan Hari Anti Korupsi ini juga ada dalam 233 artikel di media online.

Di Twitter, puncak percakapan terkait hari Anti Korupsi ini terjadi pada pukul 15.00 WIB. Sementara di Facebook terjadi pada pukul 12.00 siang. Sedangkan pemberitaan di media sosial sudah mulai banyak diproduksi sejak Selasa pukul 07.00 pagi, sebagai bentuk kepedulian media massa terhadap pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Pada Selasa pagi, cuitan terkait Hari Anti Korupsi terdapat lima akun Twitter yang bertahan berada di posisi teratas sebagai status yang paling sering di-ReTweet oleh para netizen. Sejumlah status tersebut berasal dari akun @INDONESIAinLOVE, @JogjaMedia, akun milik sutradara @jokoanwar, dan akun milik Kaka, vokalis Slank, @fishGOD.

Kendati ucapan yang mereka buat cukup sederhana, namun ke-5 akun tadi sepertinya sangat dipercaya oleh para follower-nya dan dianggap telah sungguh-sungguh mewakili pihak masyarakat yang anti korupsi.

Akun @jokoanwar misalnya, hanya menulis: "Hari ini Hari Anti Korupsi Dunia." Namun cuitan sederhana ini telah di-ReTweet sebanyak 117 kali dalam waktu hanya beberapa jam saja. Sedangkan @INDONESIAinLOVE menulis: "Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia #HariAntiKorupsi" yang di-ReTweet 133 kali.

Akun @INDONESIAinLOVE kembali menulis: "Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia #BeraniJujurHebat" yang di-ReTweet sebanyak 186 kali. Sedangkan akun Kaka Slank @fishGOD menulis: "panjang umur and Selamat hari ANTI Korupsi !" yang berhasil di-ReTweet sebanyak 98 kali.

Sementara itu, sebagian besar cuitan para netizen lain di Hari Anti Korupsi kemarin lebih banyak berupa ucapan tentang Hari Anti Korupsi. Meskipun begitu, ada pula cuitan yang berisi harapan agar persoalan korupsi, khususnya di Indonesia, dapat diatasi dan diberantas.

Bahkan beberapa cuitan ikut mengingatkan kepada semua pihak untuk bersikap jujur dan menolak untuk berkorupsi sebagai tindakan yang harus diterapkan setiap saat. Ini disampaikan komedian Cak Lontong via akun Twitter resminya,  @C_lontong yang menulis: "Hari anti korupsi... Kita peringati hari ini tapi mari kita jalani setiap hari... salam lemper #mikir!" dan di-ReTweet sebanyak 88 kali.

Selebihnya, kebanyakan akun yang menjadi influencer percakapan di Hari Anti Korupsi berasal dari sejumlah akun milik media massa ternama seperti @Metro_TV, @KompasTV, @detikcom, @republikaonline, dan @kompascom, termasuk akun @KPK_RI yang termasuk sebagai top influencer.

Dengan adanya respons dari sebagian besar masyarakat di Indonesia terkait Anti Korupsi seperti di atas, tampak sekali bahwa masyarakat Indonesia sangat mendambakan sebuah negara dengan pemerintahan yang bersih dan sehat dari penyakit korupsi.

Intan Y. Septiani/Awesometrics