Ini Dia Wanita Italia Pertama yang Berhasil ke Luar Angkasa

By nova.id, Sabtu, 29 November 2014 | 11:55 WIB
Ini Dia Wanita Italia Pertama yang Berhasil ke Luar Angkasa (nova.id)

TabloidNova.com - Sepanjang sejarah, tidak hanya satu atau dua astronot wanita saja yang pernah berhasil mengemban misi ke luar angkasa. Salah satunya yang dialami seorang wanita asal Italia, Samantha Cristoforetti (37), yang menjadi astronot untuk kali pertamanya.

Samantha bahkan disebut-sebut sebagai wanita Italia pertama yang berhasil ke luar angkasa. Ia terpilih mengikuti sebuah misi untuk berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional bersama kosmonot asal Rusia, Elena Serova.

Berhasilnya Samantha terpilih sebagai satu-satunya astronot asal Italia tentu bukan tiba-tiba saja terjadi. Wanita berambut pendek ini selama 16 tahun memang telah berkarier di Angkatan Udara Italia. Saat ini ia berpangkat kapten.

Untuk mewujudkan cita-citanya menjadi astronot Italia pertama yang terbang ke luar angka, Samantha sebelumnya telah mempersiapkan diri dengan matang. Ia telah mengikuti banyak pelatihan di berbagai negara, yakni di Jerman, Prancis, dan Rusia.

Sebagai seorang kapten, Samantha juga dikenal sebagai wanita yang berprestasi. Ia sempat dianugerahi sebuah misi yang diberi nama Futura, setelah ide-ide briliannya diterima pemerintah Italia. Tak hanya itu, Samantha pun sangat mahir berbicara dalam lima bahasa, termasuk bahasa Cina, yang ia pelajari sendiri saat ada waktu luang di sela-sela kesibukan pekerjaannya.

Pada tahun 2009 ia menjadi satu dari hanya enam orang yang terpilih dari 8.000 pelamar di Eropa untuk bergabung dengan korp astronot European Space Agency (ESA). Dalam situs ESA yang mencantumkan namanya sebagai salah satu astronotnya, Samantha ditulis memiliki banyak hobi, yang di antaranya merupakan kegiatan di alam bebas, seperti hiking, scuba diving, yoga, membaca, dan traveling.

Sejak diumumkan sebagai salah satu astronot ESA, nama Samantha pun langsung populer di media sosial di negaranya. Samantha yang memiliki akun Twitter dengan nama @astro_samantha, kini jumlah follower-nya terus bertambah dari semula hanya memiliki 157.000 follower.

Samantha juga cukup aktif menggunakan media sosialnya. Bahkan ia sempat menulis tweet seraya memberikan link lagu rock klasik berjudul The Final Countdown milik band Europe, tepat sebelum ia memasuki pesawatnya dan beranjak dari Bumi.

Sementara itu, dalam akun Facebook-nya, sebelum meninggalkan Bumi Samantha pun sempat menuliskan statusnya dalam bahasa Inggris dan Italia: "Kemarin saya merasa sudah mandi dengan waktu terlama yang pernah saya lakukan!"

Kamis (27/11) dini hari lalu, Samantha bersama dua kru pesawat yang terbang bersamanya dikabarkan telah berhasil berada di sebuah stasiun ruang angkasa. Selamat bertugas, Samantha!

Intan Y. Septiani/Huffington Post