Pahami Posisi Ibu Tiri

By nova.id, Rabu, 24 November 2010 | 17:01 WIB
Pahami Posisi Ibu Tiri (nova.id)

Pahami Posisi Ibu Tiri (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Bukan Pengganti Ibu Kandung

Seberapa keras pun usaha mendekatkan diri pada mereka, Anda tak akan bisa menggantikan posisi Ibu kandung. Inilah yang harus disadari ketika memutuskan untuk menikah dengan duda yang memiliki anak. Namun, Anda tetap harus bisa menerima mereka dalam satu paket dan dekati anak sebagai sahabat yang mempunyai prioritas penting dalam hidup.

Tahan Emosi

Kenali karakter anak-anak sejak masih berpacaran dengan ayahnya. Pendekatan ini berguna sebagai sarana belajar untuk saling menerima keberadaan dan memudahkan Anda saat berinteraksi dengan anak-anaknya kelak.

Jika mengalami penolakan, pelajari hal ini dengan mencoba melihatnya dari sudut pandang anak. Jangan jadikan penolakan tersebut menjadi alasan bagi Anda untuk sakit hati dan membalasnya.

Bangun Komunikasi

Untuk membuktikan Anda memahami posisi istri dari Ayah anak-anak, bangunlah komunikasi dan hubungan intens dengan anak tiri. Meski awalnya Anda belum tentu akan diberikan balasan setimpal dari anak-anak, sedikit demi sedikit Anda dapat melenyapkan segala rasa canggung dan takut anak tiri terhadap keberadaan Anda.

Buat Batasan

Saat anak tiri Anda bersikap tidak baik, tak perlu ditanggapi dengan kekerasan. Berikan teguran halus yang sepantasnya.

Ketika menemukan hal yang menurut Anda sudah melewati batas, segera diskusikan dengan suami agar mendapat jalan keluar yang terbaik. Belajarlah untuk tegas dan mengatakan "tidak" atau "jangan". Meski begitu, jangan biarkan anak tiri atau bahkan ayah mereka mengubah Anda menjadi makhluk yang dibenci oleh semua orang di dunia.

Bersikap Adil