Bersih-bersih Yuk!

By nova.id, Jumat, 18 Juni 2010 | 17:23 WIB
Bersih bersih Yuk! (nova.id)

Bersih bersih Yuk! (nova.id)
Bersih bersih Yuk! (nova.id)
Bersih bersih Yuk! (nova.id)

"Foto: Sukrisna "

Yuk, lakukan!

Sebelum memulai kegiatan ini, ada baiknya Anda kembali membuka manual book laptop Anda. Dari situ Anda akan tahu rekomendasi dan prosedur apa yang dianjurkan pabrikan dalam membersihkan laptop. Biasanya, sih, setahun sekali Anda diwajibkan untuk membersihkan.

Lantas, apa saja alat-alat yang digunakan? Kain lap, itu pasti. Tapi tunggu dulu, karena Anda harus benar-benar memilih kain lap yang lembut, apalagi jika ingin membersihkan layarnya. Paling aman, ya kain lap khusus screen. Cairan pembersih juga penting. Tersedia pula cairan khusus yang banyak dijual di toko-toko komputer. Yang penting, jangan sembarangan memakai cairan pembersih. Alat penyemprot atau penyedot kekuatan rendah juga dibutuhkan, selain cotton bud yang bisa dipakai untuk membersihkan sela-sela keyboard.

Jangan lupa, sebelum memulai pembersihan, matikan dulu laptop dan cabut kabel dari colokan listrik!

Bagian luar

Basahi kain lembut dengan cairan pembersih. Jangan langsung menyemprotkan pembersih langsung ke permukaan laptop! Bersihkan dengan kain lembap. Jika ada kotoran yang masih membandel, ulangi sekali lagi. Jika laptop Anda tak banyak menimbun kotoran, kain cukup sedikit dibasahi. Cara ini jauh lebih aman dan dipastikan mampu membuat laptop Anda kembali cling seperti baru.

Kipas

Di sinilah biasanya banyak kotoran menempel. Pada saat berputar, kipas akan menyedot kotoran-kotoran di sekitarnya. Nah, ketika kotoran sudah menumpuk, putaran kipas makin berat. Padahal fungsi kipas ini sangat vital karena harus membuat suhu "otak" laptop ini jadi tetap terjaga agar bisa bekerja dengan prima. Itu sebabnya, membersihkan kipas wajib dilakukan, paling tidak setahun sekali.

Untuk membersihkan kipas laptop, Anda memang harus sedikit "membengkel". Namun, Anda bisa melakukannya sendiri. Modalnya cuma satu alat, obeng kecil. Tapi sebelum memulai, baca dulu manual book-nya untuk mengetahui di mana letak kipasnya. Umumnya, sih, ada di belakang laptop dengan ciri ventilasi udara yang berguna untuk membuang uap panas saat laptop bekerja.