Iriana Jokowi Sering Ikut Blusukan karena Tak Mau Ditinggal Sendiri di Rumah

By nova.id, Minggu, 9 November 2014 | 14:19 WIB
Iriana Jokowi Sering Ikut Blusukan karena Tak Mau Ditinggal Sendiri di Rumah (nova.id)

TabloidNova.com - Dari wanita biasa, ibu rumah tangga kemudian melesat menjadi istri gubernur, Iriana Joko Widodo tetap tidak berubah. Iriana masih mudah diajak bercanda atau dimintai konfirmasi oleh NOVA tentang kegiatannya meski melalui BB Messenger.

Kala pertama kali Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI, banyak yang bertanya-tanya ke mana Iriana? Kenapa jarang tampil di muka umum? Sesungguhnya, tanpa publikasi ia sering mengikuti suaminya  blusukan  ke berbagai penjuru kota, karena Iriana tidak mau ditinggal sang suami sendirian di rumah dinasnya yang besar dan megah tetapi sepi.

"Kadang saya tinggal di dalam mobil, tidak ikut turun," jelasnya.

Tanpa publikasi pula, Iriana menjalankan tugasnya sebagai Ketua PKK DKI. Kadang ia turun ke lapangan bersama Veronica Basuki Tjahaja Purnama melakukan aksi sosial, membagikan buku dan alat-alat sekolah bagi anak-anak di daerah yang ia kunjungi.

Bicara soal kesukaannya membagi buku, Iriana dan Jokowi pun menyimpan banyak buku di mobilnya. Tiap kali anak-anak mengeroyok mobilnya, Iriana dan Jokowi segera membagikan buku. "Anak-anak kan sukanya buku," terang Iriana.

Tak berhenti di situ, ketika Iriana menggelar acara syukuran kemenangan Jokowi sebagai presiden beberapa waktu lalu di Solo, ia juga membagikan buku pada anak-anak yang ikut antre mengular di Gedung Graha Sabha, sekadar menyalaminya.

Pada anak-anak yang ikut orangtuanya itu, diam-diam bukan cuma buku yang dibagikan, Kahiyang menempelkan amplop khusus berisi uang untuk anak tertentu, yang terlihat dari kalangan tak berpunya.

Rini Sulistyati