Kata Dokter tentang Engkong Naim: "Tidak Ada Manusia yang Bisa Bertelur"

By nova.id, Jumat, 7 November 2014 | 09:12 WIB
Kata Dokter tentang Engkong Naim Tidak Ada Manusia yang Bisa Bertelur (nova.id)

TabloidNova.com - Pengakuan Sinin (62) bahwa dia sering "bertelur" menggegerkan warga di Tanjung Wangi, Penjaringan, Jakarta Utara.

Pria yang biasa dipanggil Kong Naim itu mengaku mengeluarkan benda seperti telur dari duburnya. Ia mengaku "bertelur" setiap tiga bulan, tetapi akhir-akhir ini lebih sering lagi.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Irsyal Rusad mengatakan, fenomena Kong Naim tidak mungkin terjadi.

"Mustahil itu. Bisa saja 'telur' itu dimasukkan terlebih dulu. Saya tidak pernah tahu fenomena seperti ini terjadi di dunia kedokteran," ujar Irsyal saat dihubungi, Jumat (7/11/2014).

Menurut Irsyal, untuk memastikan "telur" tersebut benar keluar dari tubuh Engkong Naim, perlu diadakan pemeriksaan. "Sebetulnya, sangat mudah membedakan 'telur' tersebut, dari fisik saja sudah bisa dibedakan," kata dia.

Namun, untuk benar-benar memastikan "telur" apakah itu, pemeriksaan hingga ke tingkat molekuler bisa dilakukan. Jika sudah diketahui DNA-nya, "telur" tersebut dapat dipastikan berasal dari mana.

Irsyal menilai, fenomena Kong Naim bisa saja merupakan pencarian sensasi belaka. "Sekarang hal-hal itu semacam itu kan bisa dijual dan bikin terkenal. Yang jelas di kedokteran tidak ada manusia yang bisa bertelur," ujar Irsyal.

Sebelumnya, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam mengatakan, benda yang keluar dari dubur pastilah merupakan hasil sisa dari proses pencernaan. Artinya, benda tersebut merupakan hasil dari apa yang dikonsumsi.

Kemungkinan lain adalah "telur" itu merupakan polip atau tumor di usus besar yang telah mengeras, kemudian keluar dari dubur. "Namun, itu sangat jarang terjadi," kata dia.

Kompas.com/Unoviana Kartika