Ayah Ade Sara: Hafitd dan Syifa Layak Dihukum Seumur Hidup!

By nova.id, Selasa, 28 Oktober 2014 | 06:22 WIB
Ayah Ade Sara Hafitd dan Syifa Layak Dihukum Seumur Hidup (nova.id)

TabloidNova.com - Suroto, ayah Ade Sara, berharap jaksa penuntut umum menuntut tersangka pembunuh anaknya seumur hidup. Menurut dia, Hafitd dan Assyifa layak dihukum seumur hidup."Menurut saya, mereka pantas mendapat hukuman yang selamanya," ujar Suroto kepada Kompas.com, Selasa (28/10/2014).

Suroto mengaku memiliki pertimbangan atas hal ini. Pertama, menurut dia, perbuatan kedua terdakwa sangat sadis. Seakan-akan, mereka tidak memiliki hati nurani. Suroto membayangkan ketika anak semata wayangnya dibuat mati secara perlahan. Apa lagi dengan harus merasakan sakitnya siksaan yang diperbuat oleh Hafitd dan Assyifa.

Kata Suroto, kepiluannya tak hanya sampai di situ. Dia sedih ketika mengingat penerus keturunannya juga ditelanjangi ketika dibunuh dan kemudian dijual telepon genggamnya oleh Hafitd dan Assyifa. Bahkan, dia tak habis pikir kedua terdakwa sanggup hadir untuk mengucapkan belasungkawa kepadanya atas kematian Ade Sara.

"Bahkan juga mengatakan, semoga orang yang menyakiti Ade mendapatkan balasan," ujar Suroto.

Pertimbangan kedua, yang membuat Suroto beranggapan hukuman seumur hidup layak untuk kedua terdakwa adalah, tentang sikap mereka selama persidangan. Suroto menganggap mereka berdua seringkali melakukan sandiwara saat di persidangan. Seperti berbohong ketika memberi keterangan. Sehingga, walau salah satu terdakwa yaitu Assyifa seringkali menangis saat sidang, Suroto berharap hakim tidak merasa kasihan dan memberikan keringanan untuk terdakwa.

"Jangan sampai timbul kasihan terhadap terdakwa hanya karena nangis berulang-ulang," ujar Suroto.

"Coba ingat perbuatan mereka dari awal penyiksaan sampai pada akhirnya Sara menghembuskan nafas terakhir," tambahnya.

Kompas.com/Jessi Carina