Self Massage: Pijat Sehat di Saat Tepat (1)

By nova.id, Kamis, 4 November 2010 | 17:01 WIB
Self Massage Pijat Sehat di Saat Tepat 1 (nova.id)

Self Massage Pijat Sehat di Saat Tepat 1 (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto "

Pijat memijat, sudah menjadi kebiasaan orang kita untuk melepas penat dengan memijat tubuh yang pegal. Sensasi nyaman dan relaks seketika mengganjar tubuh saat otot-otot yang dipijat mulai melemas. Tapi, tahukah Anda, bila sudah ada metode memijat badan sendiri yang lebih terarah dan efektif yaitu self massage.

"Massage ini memang bukan obat, tapi jalan pengobatan untuk diri sendiri," demikian diungkapkan DR. Elelou C. Canoy (Hannah), AMD.,CMT., praktisi dan trainer self massage dari Anahata Wellness Center, Jakarta.

Massage yang bisa dipelajari dari kelas pelatihan berdurasi 3 jam ini, bisa menjadi solusi bagi Anda sekaligus keluarga. Selain dapat dipraktikkan untuk diri sendiri, self massage juga bisa diaplikasikan ke orang lain, bahkan aman untuk anak usia 7 tahun sekalipun. 

Bakat Alami

Teknik memijat diri sendiri, sebenarnya dikembangkan dari kondisi alami manusia. "Self massage itu adalah bakat alami yang diberikan Tuhan dan sudah ada di dalam diri kita," ujar Hannah.

Ya, tanpa kita sadari kita melakukan self massage dalam bentuk sederhana. Saat lelah karena terlalu lama di depan komputer, secara refleks kita akan memijat bagian belakang leher. Begitu pula setelah terlalu lama mengenakan sepatu high heels, secara refleks akan memijat bagian betis yang pegal. Agar lebih maksimal, dari bakat alami itu juga perlu diperbaiki teknik pijatannya agar mencapai efektivitas tertentu.

Manfaat Kesehatan

Melakukan pemijatan sendiri bisa dilakukan kapan saja, bahkan seharian penuh pun diperbolehkan. Sebagai upaya pengobatan yang tidak menggunakan alat apapun, self massage bisa dikatakan tanpa risiko meski dilakukan cukup sering.

Selain merelaksasi, self massage juga dikatakan dapat memberi manfaat kesehatan plus badan akan terasa enak hingga pada akhirnya memengaruhi pada kebiasaan yang lebih baik. 

Beda dengan Dipijat

Mengapa memijat sendiri? Memijat sendiri sebenarnya lebih banyak kelebihan dibanding dipijat oleh terapis. Pertama, Anda bisa melakukannya kapanpun dibutuhkan. Ibaratnya seperti emergency kit yang bisa digunakan tanpa harus menunggu tukang pijat ataupun mendatangi pusat relaksasi.