Obat Yang Wajib Ada Di Rumah

By nova.id, Jumat, 26 Maret 2010 | 17:09 WIB
Obat Yang Wajib Ada Di Rumah (nova.id)

Obat Yang Wajib Ada Di Rumah (nova.id)

"Foto: Dok. Nova "

Sesuaikan obat-obatan di rumah dengan penyakit yang sering diderita oleh anak-anak dan balita. Biasakan memberikan obat bebas untuk penanganan pertama, agar anak-anak tidak tergantung pada dosis yang tinggi.

Obat yang perlu disediakan di rumah antara lain:

Demam

Pilihan untuk persediaan obat demam di rumah yang paling aman untuk anak adalah parasetamol. Berikan parasetamol pada anak sesuai dengan aturan pakai yang tercantum pada kemasan obat.

Jangan lupa lakukan kompres dengan air hangat, agar anak tidak menggigil. Plus hipotalamus menerima sinyal bahwa suhu di sekitarnya sedang hangat dan suhu tubuh harus segera diturunkan.

Bila anak memiliki riwayat kejang pada saat demam tinggi, di rumah perlu menyediakan anti kejang, yaitu diazepam dalam bentuk suppositoria.

Bila telah diberikan penurun panas dan kompres air hangat, namun suhu tubuh tidak kunjung tidak turun setelah 3 hari, maka periksakan anak ke dokter. Obat-obatan di rumah hanya sebagai pertolongan pertama.

Gangguan Saluran Nafas

Bila buah hati mengalami gangguan saluran nafas seperti flu maupun batuk sebaiknya pilih pengobatan yang rasional.

Batuk

Untuk obat pengencer dahak, boleh saja diberikan pada anak di bawah usia 5 tahun, dengan syarat anak tersebut sudah bisa mengeluarkan lendir. Jangan sampai lendir yang seharusnya dikeluarkan malah menumpuk di saluran nafas sehingga menyebabkan penyakit baru, yaitu pneumonia, untuk mengatasi batuk si kecil adalah minum banyak air putih.