Sudah Siap Punya Anak Kedua?

By nova.id, Kamis, 17 Juni 2010 | 17:09 WIB
Sudah Siap Punya Anak Kedua (nova.id)

Sudah Siap Punya Anak Kedua (nova.id)

"Foto: Dok. Nova "

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sulit. Ada yang mengatakan, bahkan lebih sulit dibandingkan pertama kali kita memutuskan untuk memiliki anak pertama.

Soalnya, hal ini tidak saja menyangkut masalah "punya anak" tetapi lebih merupakan sebuah perubahan dalam keluarga. Dengan menambah anak, gaya hidup, keuangan, pekerjaan, hubungan kekeluargaan, dan tentu saja hubungan dengan anak-anak yang sudah ada lebih dulu, akan berbeda. Dan sering kita mendengar orang-orang berkomentar, "Tambah satu anak berarti pekerjaan ayah dan ibu jadi dobel."

Ada baiknya sebelum memutuskan hamil lagi, cari informasi. Baik dari dokter Anda, para ahli, keluarga, dan teman-teman. Minta pendapat mereka, kapan waktu yang tepat untuk menambah anak. Pikirkan segi positif dan negatifnya dan Anda sendiri yang harus mengambil keputusan. KAPAN WAKTU YANG TEPAT

Bagi kebanyakan orang, keputusan menambah anak lebih disebabkan oleh faktor waktu, yaitu kapan waktu yang tepat. Pertanyaannya adalah, apakah sebaiknya menambah anak langsung sesudah anak pertama sehingga mereka dapat bermain bersama dan bagi Anda sendiri berarti tidak perlu repot-repot mengurus anak kecil lagi nantinya atau justru membuat jarak tertentu untuk kehamilan berikutnya.

Penelitian menunjukkan, jarak dari satu anak ke anak berikutnya berkisar antara dua sampai tiga tahun.

Berikut ini hasil penelitian yang menunjukkan jarak antara dua anak:

* Menunggu sampai 18 -23 bulan untuk hamil lagi sesudah melahirkan, merupakan waktu yang tepat bagi kesehatan sang bayi yang dikandung.

Menurut ahli, mengandung bayi kurang dari enam bulan sesudah melahirkan bayi yang pertama, dapat menyebabkan kelahiran prematur (40 persen) atau bayi lahir dengan berat badan kurang. Dan kehamilan dengan jarak 10 tahun sesudah anak pertama, mempunyai risiko dua kali lipat pada masa pra-kelahiran.

* Kelahiran dengan jarak 24 sampai 35 bulan juga ideal. Bila kurang dari jarak tersebut, biasanya mempunyai risiko lahir dengan berat badan kurang. Sang ibu memerlukan waktu lebih lama untuk pulih dari stres dan memulihkan kondisi tubuh sesudah kehamilan terdahulu.

* Bila anak pertama berusia di bawah 1 yahun atau di atas 4 tahun, merupakan waktu yang tepat untuk mempunyai anak lagi.

Ini didasarkan pada hubungan kakak-beradik dengan orang tuanya, persaingan saudara sekandung, dan rasa percaya diri mereka. Anak-anak di bawah 1 tahun belum merasakan status istimewa yang mereka miliki, sementara anak umur 4 tahun sudah cukup puas menikmati perhatian dari ayah ibunya. Ditambah lagi mereka sudah mempunyai kesibukan sendiri.