Bila Benda Asing Masuk Dalam Tubuh Anak

By nova.id, Rabu, 2 Juni 2010 | 17:18 WIB
Bila Benda Asing Masuk Dalam Tubuh Anak (nova.id)

Bila Benda Asing Masuk Dalam Tubuh Anak (nova.id)

"Rohedi/nakita "

Si kecil menelan koin? Jangan panik, Pak, Bu. Ketenangan orang tua diperlukan untuk bisa memberikan pertolongan pertama pada buah hati.

Yang perlu diketahui, anak-anak di bawah lima tahun mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Ia ingin bereksperimen. Celakanya, ia belum tahu apa bahayanya. Terkadang anak suka sekali bermain dengan benda-benda kecil dan tanpa disadari ia mencoba memasukkan benda tersebut. Entah ke mulut, lubang hidung, telinga dan lain-lain.

Jadi, apa yang harus kita lakukan? Simak saja penuturan dr. Rudy Firmansjah B. Rifai, dari RSAB Harapan Kita.

* Benda Masuk Hidung

Anak bisa kemasukan suatu benda ke dalam hidung karena ulahnya sendiri, bisa juga oleh kakak atau temannya yang memasukkan benda tersebut. Bisa jadi hal tersebut lolos dari pengamatan orang tua dan baru ketahuan setelah 2-3 hari. "Karena takut dan merasa bersalah, anak tak mau bilang apa yang dilakukannya," ujar Lulusan FKUI ini.

Ujung-ujungnya orang tua baru menyadari setelah timbul gejala, seperti keluar cairan yang berdarah, atau lendir seperti pilek dan berbau busuk dari lubang hidung, hidung tampak merah dan bengkak, dan napas anak berbau dan busuk. Bau ini mungkin karena infeksi atau benda yang masuk itu, misalnya kacang tanah, jadi membusuk.

Bila ketahuan anak memasukkan benda kecil seperti biji-bijian, orang tua tidak perlu panik. Bila bendanya masuk terlalu dalam dan sulit dikeluarkan, jangan sembarang menggunakan alat karena bisa timbul luka. Usahakan anak agar tetap bisa bernapas lewat mulut dan segera bawa ke dokter.

Bila benda yang masuk tidak terlalu dalam dan masih bisa terlihat, bisa diambil dengan sebatang kawat berujung tumpul yang dibengkokkan seperti kail. Secara perlahan kail tersebut dimasukkan ke dalam hidung kemudian tarik biji tersebut pelan-pelan keluar. Bisa juga dengan menggunakan pinset. Jika tidak berhasil, segera bawa ke dokter.

Jika benda dapat dikeluarkan dengan mudah tentunya tidak akan menimbulkan akibat lebih jauh. Tapi bisa menjadi gawat jika benda terisap masuk ke paru-paru, jalan napas akan tersumbat dan terjadi sesak napas, tersedak atau suara sengau.

* Benda Masuk Telinga

Anak bisa saja memasukkan benda asing ke dalam telinga, seperti manik-manik. "Untuk mengeluarkannya bisa dilakukan dengan korek kuping dengan ujung yang seperti kail. Bila bendanya lunak seperti kacang tanah atau bahan makanan, bisa diteteskan dengan H2O2 (peroksida), supaya bendanya menjadi hancur dan mudah dikeluarkan dengan cutton bud. Obat ini bisa dibeli di apotik," jelas Rudy.