Akhiri dengan Saus!

By nova.id, Selasa, 4 Mei 2010 | 17:09 WIB
Akhiri dengan Saus! (nova.id)

Akhiri dengan Saus! (nova.id)

"Foto: Fadoli Barbathully/NOVA "

Brown SauceDisebut juga sebagai Espagnol Sauce atau Demiglace Sauce.Merupakan saus dasar cokelat karena terbuat dari kaldu cokelat (brown stock) dan digunakan untuk menu dari daging-dagingan.

Agar berkualitas, gunakan kualitas kaldu cokelat dari tulang sapi bagian iga, yang sedikit mengandung lemak.

Agar cokelatnya pekat dan bersih, sebaiknya dipanggang sampai kering bukan dibakar, begitu juga bahan tambahannya (bawang bombai beserta kulitnya, batang seledri, batang daun bawang, dan wortel).Rebus semua bahan yang sudah dipanggang secara bersamaan selama 1-2 jam.

Bolognaise SauceSaus ini sering dijumpai pada sajian pasta dan topping pizza. Terdiri dari mentega, bawang bombai, daging sapi giling, tomat pure, tomat pasta dan bumbu Italia, seperti oregano dan basil. Masak semuanya hingga kental. Selamat mencoba!

Becamel SauceSaus yang berwarna putih dan gurih ini dibuat dari 1 liter susu cair, 100 gr margarin, 100 gr tepung terigu dan bawang bombai. Cara membuatnya sangat mudah. Panaskan mentega, tumis bawang bombai. Masukkan tepung terigu, aduk rata dan tuang susu cair, masak sampai mengental.

Becamel Sauce merupakan saus dasar yang jika ditambahkan bahan-bahan lain akan menjadi beberapa saus turunan. Yaitu, Cream Sauce (ditambah fresh cream), Mornay Sauce (tambahan keju parut), Mustard Sauce (dengan penambahan french mustard), dan Horse Radish Sauce (tambahan horse radish). Saus ini banyak digunakan sebagai pendamping pasta dan sea-food.

Naskah: Dahrani PutriPenata Saji: Popy FitriaFoto: Fadoli Barbathully