Tips Bawa Anak Ke Pesta

By nova.id, Kamis, 22 April 2010 | 04:24 WIB
Tips Bawa Anak Ke Pesta (nova.id)

Tips Bawa Anak Ke Pesta (nova.id)

"Foto: Ist "

Beruntung kalau anak-anak sudah cukup besar dan bisa mengurus diri sendirinya. Tapi kalau mereka masih balita? Dapat Anda bayangkan repotnya. Belum lagi kalau anak-anak Anda termasuk aktif dan tidak bisa bersikap manis seperti selalu diharapkan para orang tua.

Akibatnya, segala tingkah yang dianggap lucu pada kesempatan biasa dapat berubah menjadi sesuatu yang memalukan dan menjengkelkan. Terutama bagi para ibu. Apalagi kalau mereka sudah bertemu dengan kerabat, sepupu ataupun teman-teman sebayanya, wah..... makin bertingkah rasanya si kecil dengan kelakuan yang tidak biasa kita lihat sehari-hari.

MAINAN

Dalam kesempatan tertentu tak mungkin juga rasanya meninggalkan mereka di rumah, karena mereka toh harus kenal dengan saudara-saudaranya dan belajar bermasyarakat.

Anda dapat kompromi dengan suami untuk bergantian menjaga dan mengawasi kelakuan si kecil waktu pesta/pertemuan berlangsung. Jika mungkin, waktu tiba di tempat pesta/pertemuan, Anda dapat mengajak ibu-ibu lain yang juga membawa balita, bekerja sama dalam mengawasi semua balita yang ada.

Untuk lebih meringankan beban selama Anda menikmati pesta/pertemuan,NOVA menganjurkan beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan.

o Sebelum berangkat, usahakan agar si kecil cukup makan danmnum sehingga Anda cukp waktu untuk berbasa-basi dengan keluarga dan kerabat lain.

o Jangan menunda waktu makan atau waktu si kecil ingin ke "belakang", agar ia tidak rewel dan mengganggu Anda selama pesta.

o Usahakan membawa permainan atau alat-alat gambar yang dapat membuatnya sibuk. Ada baiknya jika Anda menyediakannya dalam jumlah ekstra agar anak Anda tidak berebut dengan balita lain yang ada.

o Jika si kecil masih juga sekali-sekali nakal dalam batas kewajaran, Anda tak perlu panik dan memarahi/menghukumnya dengan keras. Ini akan membuatnya lebih panik lagi dan reaksinya akan membuyarkan suasana pesta. Akibatnya si kecil akan kapok ikut ke pesta dan tambah rewel atau kebalikannya membuat ia malas bersilaturrahmi dan bermasyarakat.

N. Evita S. Soeharmadji