Jaga Organ lntim, Pilih Celana Dalam Yang Tepat

By nova.id, Senin, 1 Maret 2010 | 17:01 WIB
Jaga Organ lntim Pilih Celana Dalam Yang Tepat (nova.id)

Bentuk organ intim wanita tak persis sama? Salah memilih celana dalam bisa menimbulkan berbagai keluhan di alat kelamin dan sekitarnya. Dari alergi hingga keputihan.

Bentuk vagina terdiri atas dua labia (bibir), yaitu labia mayora dan labia minor. "Yang ideal, bibir luar tebal, bibir bagian dalam tipis. Jika si wanita mempunyai bibir luar tebal dan bibir bagian dalamnya juga tebal, maka akan menutup kelamin dengan sangat rapat.

Ditambah lagi daerah vagina memang rawan terhadap mikroorganisme karena letaknya dekat dengan dubur yang merupakan lubang pelepasan. Akibatnya, mikroorganisme yang ada di dubur lebih mudah berpindah ke vagina. Kalau suasana di vagina lembap, mikroorganisme tumbuh lebih subur. Itulah sebabnya, memilih celana dalam model g-string yang hanya menutupi sebagian kecil vagina tanpa menutupi bokong, bukan tindakan bijaksana. Apalagi kalau dipakai seharian. "Bagian bokong akan saling menggesek yang akhirnya menimbulkan iritasi. Iritasi ini bisa menjadi tempat berkembangnya jamur. Bila jamur dibiarkan, akan berkembang menjadi infeksi yang berakibat keputihan. Inilah yang menjadi masalah kenapa wanita-wanita bisa mengalami proses keputihan," terang Dr. Maria Dwikarya, SpKK, dari RS Husada, Jakarta.

Risiko salah memilih celana dalam juga berakibat kulit merah dan alergi, terutama bila kulit bereaksi terhadap bahan-bahan yang digunakan di celana dalam tersebut.

PANDUAN MEMILIH CELANA DALAM

1. Sesuaikan Model Dengan Bentuk Tubuh

- Bentuk bokong

Kalau bentuknya turun dan lebar, celana dalam model g-string jelas tidak cocok. Tekanan gravitasi dari bokong, malah akan menimbulkan gesekan antara bagian penyangga dengan organ intim kita sehingga kulit gampang lecet.

- Berperut buncit dan berpinggul lebar.

Pilih celana dalam model full figure atau maxi, karena melindungi seluruh area organ intim, sehingga nyaman dan sehat dipakai.