Yuk, Bersih-bersih Aksesori! (2)

By nova.id, Selasa, 19 Januari 2010 | 18:39 WIB
Yuk Bersih bersih Aksesori! 2 (nova.id)

Berlian

Sebaiknya jangan kenakan cincin berlian ketika kita bekerja kasar karena berisiko tergores. Jangan pula menyentuh batu berlian dengan jari kita, lebih baik pegang rangka cincinnya saja. Selesai memakai, lap berlian dengan kain lembut untuk menghilangkan keringat atau sisa lotion.

Untuk membersihkannya, rendam berlian terlebih dulu di air panas. Sambil direndam, campurkan air hangat dan deterjen lembut ke dalam wadah lain. Pindahkan berlian dari air panas ke larutan deterjen hangat tersebut dan rendam selama 10 menit. Kemudian sikat perlahan dengan sikat berbulu halus. Sikat hingga ke bagian antara batu dan rangkanya. Selanjutnya bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kertas tissue. Cara lain adalah dengan merendam berlian selama 30 menit di larutan air dan amonia dengan perbandingan 6:1. Selanjutnya sikat perlahan dan keringkan dengan kain lembut.

Sebaiknya berlian juga dibersihkan secara profesional setiap 6 bulan sekali dengan mengunjungi toko perhiasan.

Hindarkan dari: lotion, hairspray, parfum, pembersih rumah tangga yang mengandung pemutih atau klor dan air kolam renang.

Perak

Kadang noda hitam suka muncul di perhiasan metal. Sebaiknya setelah selesai memakai, bersihkan perhiasan dengan kain flanel basah. Kalau noda sudah terlanjur muncul, kita bisa membuatnya kinclong kembali dengan bantuan semir perak yang banyak di jual di pasaran. Setelah memoles, bilas perak dan keringkan dengan kain yang lembut. Cara lain membersihkannya adalah dengan dengan merendamnya di larutan air dan sabun sambil menggosoknya secara perlahan atau menyikatnya dengan bantuan pasta gigi.

Saat kita memakai lotion pemutih, lebih baik lepaskan dulu perhiasan perak kita. Zat yang ada di lotion bisa membuat perak menjadi lebih gelap. Sayang, kan? Karena perak mudah tergores, jangan pernah menggosoknya dengan kain yang keras, ya!

Hindarkan dari : Parfum, lotion dan air kolam renang.

Manik-manik dan Batu