Yuk, Maksimalkan Bakat Anak!

By nova.id, Selasa, 2 Februari 2010 | 17:53 WIB
Yuk Maksimalkan Bakat Anak! (nova.id)

Yuk Maksimalkan Bakat Anak! (nova.id)

""

Memang tak mudah menemukan bakat pada diri seseorang lalu mengembangkannya menjadi kemampuan yang menonjol. Namun, tak ada salahnya menstimulasi anak agar bakatnya berkembang dalam dirinya.

1. Stimulasi LingkunganAda baiknya mulai menstimulasi ke 5 indera anak dengan memberi lingkungan yang tepat. Mulai dinding kamar, mainan berwarna-warni, makanan beraneka rasa, mengenalkan kain bertekstur halus dan kasar, memperdengarkan aneka bunyi-bunyian, dan sebagainya.

2. Aktivitas BrsamaAjaklah Si Kecil menggambar, bernyanyi, membentuk benda dari bahan liat, atau bermain, untuk memaksimalkan kemampuan dan semua potensi dalam dirinya.

3. Kemampuan AnakKetika anak menggambar atau mewarnai bersama teman-temannya, perhatikan baik-baik! Jika ia melakukannya lebih baik dari teman-temannya, bisa jadi itulah bakatnya. Bakat selalu ditandai oleh kemampuan di atas rata-rata dan perhatian tinggi.

4. Jangan Memaksa!Ingat, berkembangnya kemampuan anak juga dipengaruhi kebahagiaan dan kepuasan yang dirasakannya. Jika anak berbakat terlalu dipaksakan dan diarahkan orangtua, bisa jadi ia tak lagi berminat pada hal itu.

Laili Damayanti

Foto:Dok. NOVA