Waspada Bakteri Salmonella pada Makanan

By nova.id, Selasa, 5 Maret 2013 | 11:06 WIB
Waspada Bakteri Salmonella pada Makanan (nova.id)

Sebuah perusahaan permen di AS, Confections Zachary, Inc., menarik salah satu produknya,  Zachary Chocolate Covered-Marshmallow Egg, dari pasaran. Katanya, coklat berbentuk telur yang dilapisi marshmallow ini kemungkinan terkontaminasi salmonella. 

Bakteri ini ditemukan pada saat pengujian rutin yang dilakukan oleh bagian produksi. Hingga saat ini, memang, belum ada konsumen yang melapor sakit setelah mengkonsumsi coklat telur berlapis mashmallow itu. Infeksi yang disebabkan oleh salmonella dapat menyebabkan mual, muntah, kram perut, diare (kadang berdarah), demam, dan sakit kepala. 

Apa itu Salmonella? 

Salmonella adalah bakteri jahat yang kadang-kadang muncul dalam penyediaan makanan, termasuk ayam, tomat, kacang, salsa, guacamole, dan bahkan makanan hewan. Bakteri ini tumbuh subur di saluran usus hewan dan manusia dan dapat menyebabkan keracunan makanan. Penyakit berkisar dari ringan sampai infeksi yang sangat serius yang dapat membunuh orang yang rentan. Tapi ada cara untuk melindungi diri sendiri. 

Sumber Salmonella

Setiap makanan mentah yang berasal dari hewan, seperti daging, susu unggas, dan produk susu, telur, dan makanan laut serta beberapa buah-buahan dan sayuran dapat membawa bakteri salmonella. Oleh karenanya Anda harus menghindari makan daging mentah atau setengah matang, unggas atau telur, bersama dengan produk-produk susu yang tidak dipasteurisasi. Daftar ini juga termasuk makanan buatan sendiri yang dibuat dengan telur mentah, seperti mayones, adonan kue, dan es krim. 

Cuci Bersih

Memasak makanan sampai matang dapat membunuh salmonella. Membilas dengan baik buah dan sayuran yang akan Anda konsumsi belum cukup untuk  menghilangkan salmonella. FDA merekomendasikan cara ini untuk mencegah keracunan melalui buah dan sayuran: 

- Cuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum dan sesudah memegang mereka.- Cuci buah dan sayuran di air yang mengalir bukan di baskom atau wastafel.

- Gunakan talenan dan peralatan bersih. Jangan biarkan buah dan sayuran bersentuhan dengan makanan mentah. 

Sumber Lain Salmonella

Hewan dapat membawa bakteri salmonella dalam usus mereka, sehingga kotoran mereka sangat berpotensi melakukan penyebaran.  kekhawatiran potensial. Hewan tersebut adalah kura-kura, ular dan reptil lainnya, serta ayam dan burung. Selalulah mencuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat setelah melalukan kontak dengan hewan tpeliharaan atau kotoran mereka. Centrals for Disease Control (CDC) memperungatkan, wabah salmonella biasanya terjadi melalui anak ayam. Di AS biasanya terjadi setiap musim semi, dimana saat itu orang tua kerap membelikan anak ayam sebagai sebagai hadiah Paskah untuk anak-anak mereka. CDC memperingatkan orang tua untuk tidak melakukan hal itu, terutama untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Karena kekebalan tubuh mereka masih sangat rentan.