Menunggu Presiden Obama Menerima Tantangan "ALS Ice Bucket Challenge"

By nova.id, Selasa, 19 Agustus 2014 | 07:11 WIB
Menunggu Presiden Obama Menerima Tantangan ALS Ice Bucket Challenge (nova.id)

Menunggu Presiden Obama Menerima Tantangan ALS Ice Bucket Challenge (nova.id)

"Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia, saat menerima tantangan ALS Ice Bucket Challenge (foto: BUSINESS INSIDER) "

TabloidNova.com - Beberapa pekan terakhir ini, jika Anda memantau situs Facebook dan Youtube, pastilah Anda menyadari bahwa banyak sekali orang yang mengunggah video menunjukkan adegan di mana mereka disiram seember air dingin dengan es batu. Ya, tantangan itu menjadi tren di dunia maya dengan sebutan ALS Ice Bucket Challenge. Tentu saja tidak hanya orang biasa yang melakukan tantangan itu, tapi juga sejumlah selebriti dunia, termasuk politikus dan bahkan public figure lainnya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan ALS Ice Bucket Challenge itu? ALS Ice Bucket Challenge sebenarnya adalah gerakan amal yang bertujuan mengumpulkan dana untuk biaya penelitian dan riset untuk menemukan obat yang bisa bisa menyembuhkan penyakit ALS alias amyotrophic lateral sclerosis atau yang lebih akrab disebut penyakit Lou Gehrig.  

ALS sendiri adalah penyakit yang tidak menular tapi saat ini sudah menyerang ribuan orang di seluruh dunia dengan perbandingan dua dari 100.000 orang yang berusia di atas 18 tahun. Hingga kini, peneliti belum juga menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Tapi kabarnya, terapi dengan mengguyur tubuh dengan air es bisa memberi efek positif bagi penderitanya.

Gejala awal para penderita ALS sendiri dimulai dengan keadaan seperti kebas di beberapa bagian tubuh, sampai akhirnya bisa lumpuh sekujur tubuh.

Karena itulah, seorang pegolf asal Sarasota, Amerika Serikat, pertama kali melakukan ALS Ice Bucket Challenge untuk mendukung seorang sepupunya bernama Anthony yang mengidap ALS. Video tersebut diunggah tanggal 15 Juli dan menjadi video pertama dari ALS Ice Bucket Challenge.

Aturannya sederhana. Seseorang yang melakukan ALS Ice Bucket Challenge diharuskan mengguyur tubuhnya dengan seember air berisi es batu atau air dingin. Orang tersebut lantas diperbolehkan menantang tiga sampai empat orang lainnya untuk melakukan hal serupa. Jika yang ditantang tidak melakukan tantangan itu lebih dari 24 jam, maka yang ditantang wajib menyumbangkan minimal USD 100 (sekitar Rp 1,2 juta) untuk kepentingan riset penyembuhan ALS.

Karena itulah, sejak video milik Chris beredar, video demi video lain terus bermunculan dan juga tiba di telinga para selebriti dan public figure lainnya di dunia. Hingga kini saja, tercatat sudah lebih dari 2 juta video yang diunggah dengan hashtag #IceBucketChallenge. Dan jumlah donasi yang dikumpulkan pun sudah mencapai Rp 200 miliar!

Beberapa selebriti dunia dan public figure ternama yang sudah melakukan ALS Ice Bucket Challenge tersebut antara lain adalah Justin Timberlake, Taylor Swift, Oprah, Bill Gates, Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Jon Bon Jovi, Conan O'Brien, Adam Levine, Justin Bieber, dan Ben Affleck. Sementara nama yang paling banyak menerima tantangan, yakni Presiden AS, Barack Obama, hingga kini belum terlihat menerima tantangan itu.

Yetta Angelina / Sumber: TIME, Facebook, Global News, Youtube