Apakah Anda Tinggal di Kota Paling Nyaman di Indonesia?

By nova.id, Selasa, 12 Agustus 2014 | 09:42 WIB
Apakah Anda Tinggal di Kota Paling Nyaman di Indonesia (nova.id)

Apakah Anda Tinggal di Kota Paling Nyaman di Indonesia (nova.id)

"Kawasan Braga, salah satu tujuan wisata ternama di Bandung (KOMPAS.COM / Rio Kuswandi) "

TabloidNova.com - Dari sekian banyak kota yang terdapat di Indonesia, baru-baru ini Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) merilis 7 kota yang mereka rangkum dalam daftar kota paling nyaman untuk ditinggali atau Indonesian Most Livable City Index 2014. Daftar ini dihasilkan dari serangkaian survei yang mereka lakukan terhadap masyarakat Indonesia.

Dari survei yang dilakukan tersbeut, IAP mencatat ada tujuh kota yang dianggap memiliki prestasi rata-rata sebagai kota yang nyaman untuk ditinggali. Mengejutkan, karena kota Balikpapan disebutkan sebagai jawara di daftar tersebut.

"Kota Balikpapan secara signifikan berada di atas rata-rata nasional untuk aspek tata kota dan pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan kota lain," ujar Ketua Umum IAP, Bernardus Djonoputro, di Jakarta, Senin (11/8) lalu kepada Kompas.com.

Kata Bernard lagi, survei ini benar-benar dihasilkan dari pendapat masyarakat, tepatnya sekitar 1.000 responden yang menilai kota-kota tersebut berdasarkan 27 indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Seluruh responden yang bergabung dalam survei ini pun berasal dari banyak daerah di seluruh Indonesia.

Berikut adalah tujuh kota di Indonesia yang dianggap paling nyaman untuk ditinggali: 1. Balikpapan. 2. Solo.  3. Malang. 4. Yogyakarta.  5. Makassar. 6. Palembang. 7. Bandung.

 Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com