Mengenal Kaos Patra

By nova.id, Sabtu, 10 November 2012 | 09:01 WIB
Mengenal Kaos Patra (nova.id)

Mengenal Kaos Patra (nova.id)
[i]Sekarang dalam sebulan kami bisa produksi seribu untuk kaos saja."

Harganya mulai Rp 55 ribu untuk kaos anak-anak. " Tujuh puluh lima ribu rupiah untuk kaos dewasa.  Assecories mulai Rp 5 ribu - Rp 30 ribu dan jacket Rp 120 ribu/ fieces," kata Fathra mengaku hampir dari negara mana saja turis-turis manca negara sering datang ke gerainya.

Sejak 2009 sampai saat ini Fathra mengontrak gerai di Jl Sei Batang Serangan. Thema-thama kaos bikinan Fathra seperti, " Ini Medan Bung ", " Dimana Bumi Dipijak Disitu Medan Dijunjung "," ada lagi yang lebih ekstrem bunyinya, " Kenali Lawan Kuasai Medan ", " Untuk Tuhan Bangsa Dan Medan ", " Aku Dari Medan Terus Kau Mau Apa ", " Medan Tidak Seperti Apa Yang Ada Dikepala Otakmu".

Lambat laun yang membanggakan Fathra kini ternyata anak Medan setelah 'keluar' atau merantau dari Medan justru jadi lebih bangga dengan Medannya. " Makanya ada juga saya bikin desain untuk orang-orang Medan yang jauh diperantauan," ujar Fathra menjelaskan mereka masih beli kaos dari Bandung," tapi kalau sablonnya kami punya sendiri, untuk mengerjakan desain selusin kami hanya butuh waktu sehari."

Misalnya, kalimat-kalimat yang tertera di kaos TauKo Medan kental dengan gaya bicara orang Medan. Misalnya,  " Medan Sejak Sebelum Kau Ada", " Darah Batak ",  " Medan Tidak Seperti Disini ", " Disini Tidak Seperti Medan ", mungkin inilah yang menjadi nilai lebih dari TM dibandingkan dengan distro clhoting lainnya yang banyak muncul di Medan," aku Fathra menjelaskan mereka juga menjual lewat online melalui Facebook dan Twitter.com/taukomedan," ada juga sih anak Medan yang tinggal di Jepang dan dia menyuruh mamanya beli ke gerai kami."

TM sendiri berasal dari kata " Tau Ko Medan ". Sebuah pertanyaan yang menunjukan keberanian anak Medan jika berhadapan dengan orang dari daerah lain. Selain itu, nama TM juga disebut menjadi " Toko Medan " karena kebiasaan orang Medan menyebut kata dengan akhiran huruf A dan U menjadi O. Misalnya, " Kau " menjadi " Ko " dan " Tau " menjadi To. Makanya, " bisa jadi Tauko Medan adalah " tokonya orang Medan ".

Keunikan lain dari TM adalah desain kaosnya tidak diproduksi secara massal. Setiap desain kaos yang akan dipasarkan biasanya hanya dicetak terbatas, sekitar puluhan kaos atau maksimum 100 potong/model. Makanya, thema kaos TM ini tak bisa dimiliki banyak orang.