Gempa di China Tewaskan 379 Penduduk

By nova.id, Senin, 4 Agustus 2014 | 02:31 WIB
Gempa di China Tewaskan 379 Penduduk (nova.id)

  TabloidNova.com - Bencana alam berupa gempa bumi hebat melanda bagian barat daya China, tepatnya di Provinsi Yunnan, Minggu (3/8) sore waktu setempat. Gempa dahsyat terebut belakangan diketahui berkekuatan 6,5 skala richter. Akibatnya, menurut berita yang dilansir CNN, setidaknya 379 jiwa penduduk melayang dan 1.881 orang terluka. Mayoritas korban berasal dari kota Zhaotong.

Demi menyusuri daerah bencana, ribuan personel militer pun diturunkan ke lokasi kejadian. Presiden China, Xi Jinping pun sudah menginstruksikan agar seluruh jajarannya melakukan segala daya upaya terbaik demi mencegah bertambahnya korban. Akibat gempa di China  ini, tercatat 12.000 rumah hancur berantakan dan 30.000 rumah lainnya rusak berat. Akibatnya, puluhan ribu warga lainnya pun terpaksa diungsikan ke banyak rumah penampungan.

Gempa dikabarkan berpusat di Lontoushan, sekitar 23 kilometer dari Zhaotong. Daerah ini terkenal memiliki jajaran pegunungan dengan pemandangan indah dengan kebudayaan masyarakat yang beragam. Sayang, lokasi ini memang sejak lama rawan gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Yetta Angelina