Inilah Toko Buku Terindah di Dunia (1)

By nova.id, Kamis, 24 Juli 2014 | 08:45 WIB
Inilah Toko Buku Terindah di Dunia 1 (nova.id)

Inilah Toko Buku Terindah di Dunia 1 (nova.id)

"Shakespeare and Company di Paris, Prancis (WIKIPEDIA) "

Bagi penggemar sejati buku, toko buku diibaratkan sebagai nirwana yang menyimpan ratusan bahkan ribuan buku yang sangat indah. Meski keberadaannya semakin sedikit, tapi beberapa toko buku di penjuru dunia ini membuktikan, teknologi secanggih apapun tidak bisa menggantikan wujud buku yang sesungguhnya.

Berikut kami paparkan beberapa toko buku terindah di dunia yang rasanya harus dikunjungi oleh para penggemar buku:

Shakespeare and Company (Paris, Prancis)Toko buku ini dibuka pada 1951, dan bentuknya sangat indah, membuat para pengunjungnya serasa dibawa ke era kejayaan penulis Ernest Hemingway. Toko buku ini dimiliki oleh seorang penjual buku asal Amerika Serikat bernama Sylvia Neach. Pada tahun 1941, Sylvia sempat menutup toko ini. Tapi pada tahun 1958, ia meneruskan toko ini kepada Le Mistral dan saat ini pemiliknya adalah Sylvia Whitman.

Sejak awal dibuka, toko buku ini sudah menginspirasi jutaan penulis untuk menulis buku mereka. Bahkan toko ini menyediakan ruangan khusus membaca di salah satu pojoknya. Shakespeare and Company terdapat di 37 rue de la Bucherie, Paris, dan dibuka dari hari Senin-Sabtu, pukul 10.00-23.00 dan Minggu, 11.00-23.00.

Eslite Dunnan (Taipei, Taiwan)Rasanya tidak banyak toko buku di dunia ini yang buka 24 jam. Tapi toko Eslite Dunnan di Taipei yang dibuka sejak tahun 1999 sukses melakukannya. Saking suksesnya, dua cabang toko buku ini pun segera dibuka setelahnya. Salah satunya adalah toko buku terbesar di negara tersebut, sementara cabang yang lain terdapat di pusat perdagangan dan seni Taipei. Toko buku ini beralamat di No.245, Sec 1, Dunhua S.Road, Da'an District, Taipei, Taiwan.

El Ateneo (Buenos Aires, Argentina)Awalnya toko ini merupakan bangunan bioskop yang berdiri sejak tahun 1929. Barulah di awal tahun 2000, gedung tersebut diubah menjadi sebuah toko buku yang menyimpan ribuan koleksi buku. Karena bekas gedung bioskop, tak heran, secara interior toko buku ini sangat cantik dan fotogenik karena masih menyisakan bagian gedung dengan arsitektur dan dekorasi berusia ratusan tahun. Toko buku ini bertempat di Av. Callao, Buenos Aires, Argentina.

Foyles (London, Inggris)Pada Juni 2014 silam, toko ini baru saja berpindah lokasi di sebuah sudut kota di London yang luasnya menyamai ukuran 13 lapangan tennis. Ini sekaligus menjadi toko buku terbesar di seluruh Inggris. Toko ini juga baru saja meluncurkan toko buku digital yang sangat canggih. Tokonya sendiri saat ini berlokasi di 107 Charing Croass Road, London.

Yetta AngelinaFOTO: RIELWORLD